Sajikan Spot Foto Spektakuler, Wisata Pabangbon Jadi Daya Tarik Muda-Mudi

Panorama Pabangbon, Leuwiliang, Bogor (dok. KM)
Panorama Pabangbon, Leuwiliang, Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Destinasi wisata Pabangbon yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjadi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi saat ini, demikian dikatakan pengelola Rohman kepada KupasMerdeka.com, Sabtu (29/9/2018).

“Kita merintisnya November tahun 2016. Semua pengelolaan langsung sama warga setempat yang namanya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), itu sendiri langsung di bawah naungan dan dibina Perum Perhutani,” kata Rohman.

Ia mengatakan wisata alam ini terdiri dari beberapa spot untuk berswafoto atau selfie, dan pengungjungnya kebanyakan dari kalangan anak-anak muda. Ada 16 spot foto, diantaranya yang berbentuk rumah pohon, balon udara, perahu, api, lolipop, kupu-kupu, bintang, jembatan love, sepeda gantung, dan lain-lain.

“Untuk sistem pembagian sendiri adalah 75 persen Perum Perhutani, sedangkan 20 persen LMDH dan 5 persen untuk kas Desa… setiap pengunjung ada arusansi. Tiket dikenakan Rp15 ribu per orang, untuk setiap spot bervariasi dari Rp5 ribu sampai Rp25 ribu,” tambahnya.

Saat ditanya sistem pembagian tugas pengelolaannya, Rohman menjelaskan, “kebetulan di Perum Perhutani ini punya aturan sendiri ketika buka wisata, contoh untuk area parkir kendaraan sudah di-handle sama pusat. Ada memang yang kita libatkan karang taruna setempat, namun yang lebih dikedepankan [LMDH] dan rekrutmen pun masih warga yang berdekatan dengan tempat wisata, yang bergabung menjadi anggota 225 orang,” kata dia.

“Semuanya fasilitas ini merupakan swadaya masyarakat, hanya mushola dan air bersih yang merupakan dari Perum Perhutani,” tutup Rohman.

Reporter: JM
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*