Hari Agraria Nasional, BPN Kota Bogor Paparkan Proyek-Proyek Strategis yang Tengah Digarap

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto Bersama Kepala Kantor Pertanahan/BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh Saat Membagikan Sertifikat (dok. KM)
Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto Bersama Kepala Kantor Pertanahan/BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh Saat Membagikan Sertifikat (dok. KM)

BOGOR (KM) – Kantor Pertanahan Kota Bogor menyelenggarakan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) 2018 di gedung Pusdikzi, Senin 24/09/2018. Upacara dipimpin Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, dan turut dihadiri pegawai, dharma wanita serta para pensiunan kantor pertanahan Kota Bogor, perangkat Muspida, Ketua dan Wakil ketua DPRD Kota Bogor, kepala SKPD terkait, Camat, Lurah Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Barat, pengurus IPPAT, dan pihak swasta BUMN lain yang memiliki  kerjasama dengan BPN.

Pada kesempatan ini kantor Pertanahan Kota Bogor memberikan penghargaan kepada petugas yang terkait penyelesaian program strategis nasional yaitu PTSL, kepada Kelurahan Pakuan sebagai pengumpul data yuridis tercepat. Penyerahan sertifikat oleh Walikota Bogor kepada 2 pelaku usaha akses reform yang sertifikat tanahnya diberdayakan untuk memperoleh pemodal melalui perbankan, meliputi pedagang nasi goreng, pengusaha warteg, kos-kosan, peternak ikan lele dan pedagang barang elektronik.

Kepala Kantor Pertanahan/BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh mengatakan, “sebagai salah satu instansi pelaksana program strategis nasional, yaitu program strategis yang dilaksanakan meliputi PTSL dan pengadaan tanah program PTSL dilaksanakan ke seluruh Kecamatan Bogor Barat dan Bogor Selatan,” ungkapnya usai acara kepada awak media.

“Program PTSL meliputi total 32 kelurahan, saat ini PTSL telah menghasilkan produk berupa sertifikat sebanyak kurang lebih 19 ribu, produk ini merupakan kerjasama antara BPN, Kelurahan, serta Pokmasdartibnah,” ujarnya.

“BPN berharap penyelesaian PTSL dapat menjadi lebih cepat. Program strategis lain yang dilaksanakan oleh BPN Kota Bogor pada tahun 2018 yaitu pengadaan tanah yang meliputi pengadaan jalan tol Bogor Ciawi Sukabumi seluas 46,1022 ha (793 bidang) di wilayah Kota Bogor, pelaksanaan pengadaan tanah BOCIMI seksi 1 tahun 2018 sudah tuntas, sementara kegiatan pengadaan tanah lainnya yaitu BORR seksi 2 B seluas 41.202 ha (219 bidang) sudah selesai 100% dan kita sedang menunggu tol BORR seksi 3 A,” tuturnya.

Masih kata Ery, selain program strategis tersebut kantor Pertahanan Kota Bogor juga melaksanakan kegiatan rutin lainnya, yakni pelayanan loket di kantor Pertahanan Kota Bogor, penanganan sengketa dan konflik pertanahan, inventarisasi tanah aset pemerintah, ZNT, serta pelaksanaan dukungan manajemen kantor Pertahanan Kota Bogor.

“Saat ini serapan anggaran kantor Pertahanan Kota Bogor sudah mencapai 60% untuk percepatan dan perbaikan kualitas pelayanan, kantor Pertahanan Kota Bogor melakukan beberapa inovasi seperti mesin indeks kepuasan masyarakat, pengaduan online dengan nomor pengaduan 0251-8576363 atau melalui nomor hp 087882853065 untuk pengaduan yang tidak dilayani di loket sedangkan pengaduan yang ada di kantor pertahanan dilayani di corner pengaduan. Inovasi lain yang akan diluncurkan yaitu Layanan Antar Sertifikat Tanah (LAST), layanan ini merupakan layanan pro aktif dari kantor pertahanan Kota Bogor,” pungkasnya.

Reporter: Rio, ddy
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*