BAWASLU Lantik Komisioner Tingkat Kota dan Kabupaten

Pelantikan Calon Anggota Bawaslu Kota/Kabupaten Masa Jabatan 2018-2023 (dok.KM)
Pelantikan Calon Anggota Bawaslu Kota/Kabupaten Masa Jabatan 2018-2023 (dok.KM)

BOGOR (KM) – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah berlangsung, sesuai regulasi yang sudah ditetapkan sejak tahun 2017 yaitu Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. UU tersebut menetapkan adanya “Penyelenggara Pemilu”, salah satunya adalah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Peran Bawaslu adalah sebagai lembaga pengawasan dan juga pengawal pesta demokrasi yang dilaksanakan di Indonesia. UU 7 tahun 2017 ini mengatur tentang penetapan Badan Pengawas Pemilu tingkat Kabupaten/Kota menjadi permanen.

Bawaslu Kota Bogor pun resmi dilantik oleh Bawaslu RI kemarin, 15 Agustus 2018 dengan SK No 0615/BAWASLU/SK/HK.01.00/VIII/2018 oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan di Hotel Bidakara, Jakarta.

Adapun yang resmi dilantik menjadi Bawaslu Kota Bogor adalah 5 orang terdiri dari Yustinus Elias Mau, Ahmad Fathoni, Sasongko S. Putro, Firman Wijaya, dan Rika Handayani.

Advertisement

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, Anto Siburian mengatakan, “Saya mengapresiasikan perjuangan para calon Bawaslu yang mengikuti tes hingga sampai dilantik saat ini, pastinya melalui perjuangan yang sangat panjang,” ungkapnya kepada awak media (15/08).

“Dengan dilantiknya Bawaslu khususnya untuk Kota Bogor, masyarakat sangat berharap para Komisioner Bawaslu Kota Bogor dapat menjadi penegak hukum demi keadilan penyelenggaraan Pemilu.”

“Kedepannya Bawaslu Kota Bogor dapat merangkul masyarakat agar terlibat dalam pengawasan partisipatif dan juga pencegahan dugaan pelanggaran-pelanggaran pemilu,” harapnya.

Reporter: ddy07
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: