SMP Tonjong Latih Kepemimpinan Siswa dengan LDKS Setiap Tahun

Siswa baru yang mengikuti LDKS di SMP Tonjong, Kabupaten Bogor (dok. KM)
Siswa baru yang mengikuti LDKS di SMP Tonjong, Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan para siswa untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar keorganisasian serta melatih kedisiplinan dan kekompakan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh hampir setiap SMP dan MTs dan dilaksanakan satu tahun sekali. SMP Tonjong setiap tahunnya juga melaksanakan kegiatan ini.

Aming Budiawan, kepala sekolah SMP Tonjong menjelaskan kegiatan ini diserahkan kepada OSIS dengan bimbingan dan pengawasan guru pembina. Lebih jauh, Ucu Nurbani, wakasek bidang kesiswaan mengatakan bahwa LDKS tahun ini dilaksanakan mulai Kamis (19/07) sampai Sabtu (21/07) nanti.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman sekolah yang cukup luas, dan pihak sekolah memilih tempat tersebut karena lokasinya yang strategis, tidak jauh dari rumah para peserta, dan tidak merepotkan peserta.

Advertisement

Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik baru sebanyak 239 siswa, pengurus OSIS, beberapa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka, dan para organisasi sekolah yang terlibat. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh beberapa staf pendidik. Para pembimbing ini bertugas untuk melatih kedisiplinan, kekompakan, dan memberikan beberapa materi. Para pembimbing ini melaksanakan tugasnya tersebut dengan cara latihan baris-berbaris (LBB), mengajarkan disiplin waktu terutama waktu sholat, dengan cara melaksanakan ibadah sholat ashar, maghrib, isya dan subuh dengan tepat waktu. Selain itu mereka juga mengajarkan kekompakan antar kelompok, dengan cara membuat suatu permainam yang membutuhkan kerjasama dan memberikan beberapa materi tentang pramuka dan bendera Merah Putih.

Reporter: Wawan
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: