Ratusan Ribu Warga Ikut Jalan Sehat Bersama Jokowi

(dok. Setpres)
(dok. Setpres)

MAKASSAR (KM)Jalan Sehat Sahabat Rakyat Indonesia Bersama Jokowi digelar Minggu, 29 Juli 2018 dihadiri sekira 500 ribu peserta. Kegiatan ini juga dalam rangka menyemarakkan Asian Games 2018.

Presiden Joko Widodo mengangkat bendera start pada pukul 06:30 Wita sebagai simbol dimulainya jalan sehat. Ia didampingi oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono serta Walikota Makassar Danny Pomanto.

Jalan sehat tersebut dimulai dari Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel yang juga merupakan kawasan Car Free Day (CFD). Selanjutnya, ke Jalan Haji Bau sampai ke Jalan Penghibur lalu ke Jalan Ribura’ne hingga finish di Lapangan Karebosi.

Bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sejumlah menteri, pejabat tinggi negara dan beberapa gubernur tiba di lapangan Karebosi sekira pukul 07:15 Wita.

Apa karena baji-baji ki, Alhamdulillah baik semuanya?” sapa Jokowi.

Sapaan Jokowi disambut serentak oleh ratusan ribu peserta.

“Aset besar bangsa Indonesia adalah persatuan, kerukunan dan persaudaraan, oleh sebab itu setelah Pilkada di 171 daerah pemilihan kepala daerah, jangan sampai karena pilihan, gubernur, bupati dan walikota berbeda hubungan masyarakat menjadi terpecah.”

“Kita harus rukun kembali. Karena kita sebangsa dan setanah air, saya titip, kita jaga persatuan, kerukunan dan persaudaraan,” sebutnya.

Jokowi kemudian memberikan baju dan jaket kepada peserta yang secara spontan meneriakkan kata “I love you” kepadanya.

“Siapa bilang I love you? Saya beri baju dan beri jaket,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan agar masyarakat Sulsel membangun Provinsi Sulsel tanpa rasa saling mencemooh, menjelekkan dan mengejek.

Menteri Pertanian sekaligus Penasehat Tim Pelaksana Amran Sulaiman, mengatakan, Jokowi adalah sosok presiden yang “merakyat, sederhana dan jujur.”

“Presiden ini juga memberikan perhatian di pembangunan Sulsel termasuk infrastruktur. Misalnya, di Sulsel ada tiga bendungan dengan dana Rp3 triliun, di bidang pertanian ekspor meningkat 24 persen berkat kerja keras bupati,” kata Amran.

Ditambahkannya, selama 3,5 tahun memimpin Indonesia. Jokowi telah sepuluh kali ke Makassar.

Ia juga memperkenalkan para gubernur, wali kota dan bupati yang hadir. Diantaranya dari Provinsi
Jawa Tengah, Jawa Timur, Gorontalo, Sulawesi Barat, NTB, Pj Gubernur Sultra, serta puluhan walikota dan bupati.

Terlihat juga hadir, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah dan Sudirman Sulaiman.

Di jalan santai ini juga dilakukan pengundian dengan hadiah utama berupa rumah dan mobil serta umroh.

Sebelumnya, Sumarsono mengatakan, “keberhasilan setiap kita menyambut presiden adalah keberhasilan seluruh warga masyarakat Sulsel.”

“Dan dalam rangka menerima presiden, pemerintah dan masyarakat Sulsel harus menerima dan menghormati setiap tamu,” katanya.

“Tentunya, dengan iklim yang kondusif dengan keramahtamahan, kita sudah sangat siap untuk itu,” pungkasnya.

Reporter: Gumilar Abdul Latif

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*