Proyek Peningkatan Jalan Ciapus Dimenangkan Oleh Perusahaan yang Sama 3 Kali Berturut-turut

Proyek peningkatan jalan raya Ciapus-Kotabatu di Kabupaten BOgor (dok. KM)
Proyek peningkatan jalan raya Ciapus-Kotabatu di Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Kejanggalan terlihat dalam proyek Peningkatan Jalan Kota Batu–Ciapus, yang menurut pengamat kebijakan publik, dalam pelaksanaan proyek yang ketiga kalinya ini selalu dimenangkan oleh perusahaan yang sama.

Tahapan-tahapan proyek tersebut tahun tertuang dalam anggaran 2015, 2016, serta 2018 dan merupakan tanggungjawab Dinas PUPR Kabupaten Bogor.

“Anehnya, perusahaan yang selalu dimenangkan oleh pihak Dinas PUPR Kabupaten Bogor adalah perusahaan Lingga Bangun Mandiri yang beralamat di Jl. M. Sirojul Munir No. 6 RT 02 RW 02 Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong. Tidak tanggung-tanggung, nilai proyek yang berhasil diperoleh oleh Lingga Bangun Mandiri mencapai Rp 10,8 miliar,” ujar Jajang Nurjaman, Koordinator Investigasi di LSM Center for Budget Analysis (CBA), kepada KM siang ini 9/7.

“Hal ini sangat janggal, mengingat dalam proses lelang terdapat puluhan perusahaan yang mengikuti proses lelang setiap tahunnya, namun pihak Pemkab Bogor selalu memenangkan satu perusahaan yang sama. Bahkan terdapat nilai tawaran yang lebih efisien namun tetap saja digugurkan,” lanjutnya saat di hubungi melalui pesan singkat elektronik.

“Berdasarkan fakta di atas, CBA mendorong Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor untuk membuka penyelidikan terkait proyek Peningkatan Jalan Kota Batu – Ciapus yang dijalankan Dinas PUPR Kabupaten Bogor, karena diduga kuat ada persaingan tidak sehat dalam penentuan pemenang tender dan bisa merugikan keuangan negara,” tutupnya.

Reporter: Jamil, Deva
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*