Politisi PKS: “Indonesia Butuh Tokoh Teladan Berkepribadian Pancasila”

Anggota MPR dari fraksi PKS, Hermanto, usai memberikan sosialisasi Empat Pilar di Sumatera Barat, Kamis 7/6 (dok. KM)
Anggota MPR dari fraksi PKS, Hermanto, usai memberikan sosialisasi Empat Pilar di Sumatera Barat, Kamis 7/6 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Anggota MPR RI Hermanto menegaskan, Pancasila jangan hanya “diperdebatkan”. Menurutnya, yang sangat penting dan dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini adalah tokoh teladan berkepribadian Pancasila yang istiqomah dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Selain itu, kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara belakangan ini sarat dipengaruhi oleh globalisasi yang menggerus budaya bangsa,” katanya.

Dalam kondisi ini, menurutnya, dibutuhkan tokoh yang kuat integritas kebangsaannya. Hal ini diungkapkan politisi PKS itu dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Kompleks Rumah Dinas Gubernur Sumatera Barat belum lama ini. Hadir dalam kegiatan ini sekitar 150 orang yang berasal dari perwakilan kelompok tani, nelayan dan tokoh masyarakat dari perkumpulan PPNSI, KTNA dan HNSI Sumatera Barat.

Lebih jauh Hermanto memaparkan urgensi tokoh teladan yang mencerminkan pribadi Pancasila di tengah maraknya ujaran kebencian di tengah masyarakat. “Saat ini kebutuhan tokoh teladan sangat mendesak sehingga Pancasila benar-benar terwujud dalam masyarakat demi menjaga kesatuan dan persatuan bangsa,” ujarnya.

Advertisement

“Persatuan dan kesatuan sangat penting karena fakta sosiologis, historis, demografis dan geografis Indonesia yang memiliki keragaman dan banyak pulau. Kohesifitas dalam kebhinnekaan perlu dijaga sehingga pembangunan Indonesia dapat berjalan dan keadilan sosial bagi masyarakat bisa terwujud,” ucapnya.

Pemimpin bangsa, tambahnya, sudah saatnya menunjukkan kenegarawanannya dan tidak mengurusi remeh temeh yang bersifat sesaat. “Sudah saatnya menjadikan Pancasila sebagai nilai yang hidup, tumbuh dan berkembang. Bersifat final dan permanen,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*