Pilwalkot Tangerang, Arief Wismansyah Optimis Kalahkan Kotak Kosong

Suasana salah satu TPS pada pilihan kepala daerah Kota Tangerang di Kelurahan Margasari, Karawaci, Kota Tangerang 27/9/2018 (dok. KM)
Suasana salah satu TPS pada pilihan kepala daerah Kota Tangerang di Kelurahan Margasari, Karawaci, Kota Tangerang 27/9/2018 (dok. KM)

TANGERANG (KM) – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) yang tinggal di Gang H. Djiran, Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, datang ke TPS 02 yang terletak di belakang rumahnya. WH datang ke TPS bersama istri dan anggota keluarganya dengan berpakaian casual serta mengenakan topi khas koboi.
“Kondisi kondusif ya, tenang, berbagai daerah melaksanakan Pilkada Kota dan Kabupaten di Provinsi Banten. Dari pengamatan dan pemantauan yang dilakukan jajaran pemerintahan Provinsi Banten, pilkada serentak di Banten kondusif. Hasil penelusuran dan kunjungan kita relatif tidak ada indikasi penyimpangan dan suasana kondusif,” tandasnya.

Sementara hasil perhitungan di TPS tempat Gubernur Banten ini mencoblos, perolehan suara kotak kosong unggul jauh dibandingkan pasangan calon tunggal Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah dan Sachrudin.
Dari penghitungan suara formulir C-1 diketahui, paslon Arief Wismansyah dan Sahrudin hanya memperoleh 74 suara dibandingkan dengan perolehan suara kotak kosong sebanyak 114 suara.

“Total pemilih ada 191, paslon Arief memperoleh 74 suara, kotak kosong 114, tidak sah 3 suara,” ujar ketua KPPS TPS 02 Syahrul.

“Dari jumlah DPT 245 orang, 54 orang diketahui tidak menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang ini. Situasi kondusif, aman terkendali situasinya,” ucap Syahrul.

Kotak kosong juga unggul di TPS 03, Pinang dengan 133 suara, sementara pasangan Arief- Sachrudin memperoleh 87 suara. Begitu pula di TPS 07, Pinang paslon Arief-Sachrudin hanya mendulang 147 suara sedangkan kotak kosong 152 suara.

Calon Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin bersama keluarga menggunakan hak pilihnya di TPS 18, Jalan Irigasi Sipon, RT. 1 RW. 4, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh, Rabu (27/6/2018).

“Alhamdulillah hari ini di TPS 18, Jl Irigasi Sipon, saya dan keluarga sudah menggunakan hak pilih dan yakin 90 persen saya bisa menang di TPS saya,” tutur Calon Wakil Walkot tersebut.

Advertisement

Calon Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, bersama istri Aini Wismansyah datangi TPS 7 di Gang Teladan 1 RT 03/04, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Rabu (27/6/2018).

Arief pun optimis akan memenangkan Pilkada 2018 dengan melawan kotak kosong.

“Kami sebagai calon, saya calon wali kota dan pak Sachrudin sebagai wakilnya, kami optimis masyarakat akan memberi amanahnya kepada kita, mudah-mudahan kami juga bisa istiqomah dalam menjalankannya,” katanya.

Arief pun hanya mengincar suara 50 plus 1. “Sesuai aturan saja, 50 plus 1,” ujarnya.

Berdasarkan tabulasi suara sementara, perolehan suara pasangan calon tunggal Pilkada Kota Tangerang itu unggul dari kolom kotak kosong. Pasangan ini pun percaya diri akan memenangkan perhelatan Pilkada Kota Tangerang.

“Ini hampir 695.020 data yang sudah masuk yang memilih saya dan 101.000 memilih kotak kosong,” ucap Arief di Posko Pemenangan.

Berdasarkan data KPU Kota Tangerang, sebanyak 1.027.522 warga Tangerang terdaftar sebagai pemilih. Tempat pencoblosan yang disiapkan sebanyak 3.091 TPS (tempat pemungutan suara).

Sementara rekapitulasi suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) jadwalnya akan dilakukan 28 Juni sampai dengan 4 Juli 2018, sementara rekapitulasi suara di KPU Kota Tangerang akan berlangsung 4 sampai dengan 6 Juli 2018.

Seperti diketahui, bahwa Pilkada pada tahun ini digelar secara serentak di 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota di Indonesia. Pesta demokrasi itu pun, salah satunya berlangsung di Kota Tangerang. Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang tahun 2018 ini mempunyai fenomena demokrasi yang berbeda dari pengalaman sebelumnya, yaitu calon tunggal yang berhadapan dengan kotak kosong.

Reporter: Mar
Editor: HJA

Suasana salah satu TPS pada pilihan kepala daerah Kota Tangerang di Kelurahan Margasari, Karawaci, Kota Tangerang 27/9/2018

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: