DPRK Sebut Pernyataan Inspektorat Aceh Timur Tidak Masuk Akal

Wakil Ketua DPRK Aceh Timur, M. Nur
Wakil Ketua DPRK Aceh Timur, M. Nur

ACEH TIMUR (KM) – Inspektorat Daerah berfungsi dalam perencanaan program pengawasan, perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan, pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian. Inspektorat juga bertugas dalam bidang pengawasan, pemeriksaan serta pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Bupati setempat di bidang pengawasan.

Namun bagaimana bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik jika lembaga Pemerintah tersebut kekurangan personil dan tidak diberikan anggaran yang memadai oleh pemerintah setempat?

Hal tersebut dipertanyakan di salah satu media online beberapa waktu lalu oleh Kepala Inspektorat Aceh Timur, Muhammad, yang mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa bekerja maksimal sebab kekurangan personil dan tidak ada anggaran operasional untuk turun ke lapangan, sehingga pihaknya tidak dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, seperti menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan Alokasi Dana Gampong/Desa (ADG/ADD) di sejumlah desa di Kabupaten Aceh Timur.

Advertisement

Menanggapi tudingan tersebut, Wakil Ketua DPRK Aceh Timur M. Nur, pada Kamis 31/5 mengatakan bahwa pernyataan Inspektorat seperti itu “sungguh tidak rasional”.

Menurutnya, setiap lembaga atau instansi pemerintah pasti ada anggarannya agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Itu sungguh tidak masuk akal, karena setiap instansi pemerintah ada anggarannya agar bisa menjalankan tugas mereka. Jika itu alasan sehingga menelantarkan tugas bisa timbul tanda tanya baru, untuk apa Pemerintah menggaji mereka selama ini?” ujarnya, Kamis 31/5/2018.

M. Nur juga menambahkan, “Jika memang ada yang kurang ataupun tidak cukup, pihak Inspektorat bisa mengajukan permohonan ke [DPRK] untuk dianggarkan dan itupun harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena setiap kebutuhan internal suatu lembaga ataupun instansi hanya pihak bersangkutan yang lebih memahami,” tandasnya.

Reporter : ZK
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: