Panwascam Tanah Sareal Buka Pendaftaran Pengawas TPS untuk Pilkada 2018

Ketua Panwascam Tanah Sareal, Kota Bogor, Supriantona Siburian (dok.KM)
Ketua Panwascam Tanah Sareal, Kota Bogor, Supriantona Siburian (dok.KM)

BOGOR (KM) – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018 akan dilaksanakan serentak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Rabu 27 Juni 2018 mendatang. Dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, dalam penyelenggaraan tersebut perlu di bentuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan penunjukan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berdasarkan Pasal 27 Ayat (1) Undang Undang No 10 Tahun 2016, dijelaskan bahwa dalam melaksanakan tugas pengawasan, PPL dapat dibantu 1 orang Pengawas TPS di masing-masing TPS berdasarkan usulan PPL kepada Panwascam, dan di Ayat (2) disampaikan juga Pengawas TPS dibentuk 23 hari sebelum hari pemungutan suara pemilihan, dan dibubarkan 7 hari setelah hari pemungutan suara pemilihan.

Ketua Panwascam Tanah Sareal Supriantona Siburian menjelaskan, “atas dasar amanah Undang-undang dan surat dari Bawaslu untuk membentuk pengawas TPS, maka kami sudah membentuk POKJA PTPS dalam hal ini diketuai oleh Koordinatoor Divisi Organisasi dan SDM yaitu Prima Gandhi,” jelasnya kepada awak media, Rabu 24/05/2018.

Anto, sapaan akrabnya, menuturkan, “pembukaan pendaftaran dan penerimaan berkas sudah kami buka sejak 21 Mei hingga 27 Mei 2018. Pengawas TPS ini nantinya akan dilantik pada 3 Juni 2018. Adapun syaratnya yaitu usia minimal 25 tahun, minimal berlatar belakang pendidikan SMA, surat kesehatan dari puskesmas, mengisi formulir pendaftaran dan lain-lain.”

“Setiap warga Kota Bogor berhak untuk mendaftarkan diri sesuai dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan. Adapun tempat pendaftaran di Sekretariat Panwascam Tanah Sareal atau dapat menghubungi PPL di setiap Kelurahan masing-masing,” kata Anto.

“Proses seleksi,” lanjut Anto, “yang akan dilaksanakan yaitu seleksi berkas, dan seleksi wawancara pada 1 Juni 2018 nanti.”

“Kami berharap warga Kota Bogor dapat berpartisipasi menjadi pengawas TPS di setiap TPS nya masing-masing, agar dapat mengawasi secara langsung dalam penyelenggaraan Pilkada tahun ini sesuai dengan aturan yang berlaku karena kami bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” pungkasnya.

Reporter: Rendi, Dody
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*