Inilah Daftar Korban Tragedi Ngabuburit di Bumiayu, Brebes

Jajaran Kodim 0713 Brebes dari Koramil Wilayah Selatan, jajaran Polres Brebes Selatan, jajaran Kecamatan Bumiayu, Dinas Kebersihan Bumiayu, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat Desa Jatisawit dan sekitarnya bersinergi membersihkan puing pasca kecelakaan lalu-lintas di Jalan Pangeran Diponegoro, Bumiayu
Jajaran Kodim 0713 Brebes dari Koramil Wilayah Selatan, jajaran Polres Brebes Selatan, jajaran Kecamatan Bumiayu, Dinas Kebersihan Bumiayu, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat Desa Jatisawit dan sekitarnya bersinergi membersihkan puing pasca kecelakaan lalu-lintas di Jalan Pangeran Diponegoro, Bumiayu

BREBES (KM) – Kodim 0713 Brebes menggelar doa bagi para korban, diselingi olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan pembersihan puing-puing kecelakaan akibat kecelakaan lalu lintas rem blong truk di Jalan Pangeran Diponegoro, tepatnya di Desa Jatisawit RT. 02 RW. 08 Kecamatan Bumiayu.

Doa bersama itu dilaksanakan jajaran Kodim 0713 Brebes dari Koramil wilayah selatan (Koràmil 08 Bumiayu, 10 Sirampog, 11 Paguyangan dan 12 Bantarkawung), jajaran Polres Brebes Selatan, jajaran Kecamatan Bumiayu, Dinas Kebersihan Bumiayu, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat Desa Jatisawit dan sekitarnya termasuk para keluarga korban meninggal dunia.

Doa bersama dilakukan Senin 21/5/2018 pada pukul 11.45-12.00 WIB. Diawali olah TKP jam 08.00 dari Satlantas Polres Brebes serta pembersihan puing-puing pasca kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan sebuah truk pengangkut gula pasir yang mengalami rem blong saat menuruni fly over Kretek Paguyangan dengan nomor polisi H 1996 CZ, pada hari Minggu 20 Mei 2018 sekitar pukul 16.00 WIB.

Menurut laporan kepolisian, kronologis kejadiannya, karena rem blong awalnya truk menabrak mobil Daihatsu Ayla dan mobil pick up milik penjual buah serta menabrak beberapa kios dan beberapa pengendara sepeda motor yang sedang melaju maupun yang sedang parkir di pinggir jalan. Seusai menabrak bangunan yang ada disepanjang jalan, truk terbalik berputar-putar, kemudian berhenti setelah menabrak pagar Kantor Leasing FIF yang berlokasi di depan Bengkel Bayu Braja Jatisawit Kecamatan Bumiayu.

Pengemudi truk, Pratomo Diyanto asal Desa Karang Tengah RT. 01 RW. 05 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap, mengalami luka mata memar dan lecet-lecet pada bagian tangan maupun kaki, dan saat ini masih dirawat di RSU Alam Medika Bumiayu, Brebes.

Ratusan orang dari berbagai komponen dan elemen masyarakat diwilayah tersebut, secara bergotong-royong membersihkan sisa-sisa bangunan dan puing-puing kendaraan di sepanjang jalan di TKP.

Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto bersama Danràmil 08 Bumiayu, 10 Sirampog, 11 Paguyangan dan 12 Bantarkawung bersinergi dengan Dinas Kebersihan Bumiayu mengerahkan anggotanya masing-masing untuk membantu mengevakusi reruntuhan bangunan maupun puing. Sekitar pukul 14.00 WIB, kegiatan pembersihan dihentikan karena hujan lebat dan akan dilanjutkan kembali esok hari Selasa 22 Mei 2018.

Akibat kecelakaan tersebut, sebanyak 13 orang meninggal dunia dan 14 lainnya masih dirawat. Sementara itu 16 unit sepeda motor rusak parah, 3 mobil rusak, 1 buah truk H 1996 CZ rusak parah serta 7 unit bangunan rumah dan kios mengalami rusak.

13 korban meninggal dunia di TKP, saat dan setelah di dirawat di RSUD Bumiayu, yaitu Yuli (40) dan Halda (10) warga Desa Kalierang, Rizal (23) Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan, Sekhun (50) Dukuh Tipar Desa Wanatirta Paguyangan, Wahidin (30) Desa Karangpari, Rohmat (49) Desa Jatisawit Bumiayu, M. Hanif (42) Dukuh Talok Desa Dukuhturi, Amalia Desa Pakujati Paguyangan, Wili Eka Saputra (21) Desa Wanatirta Paguyangan, Roni Desa Majasari Majalengka Jawa Barat, Muh. Fauzan (45) Desa Dukuhturi Bumiayu (yang meninggal dunia di IGD), Isna Evinka asal Desa Kalisalak Kecamatan Tonjong (meninggal dunia di RSU Muh. Siti Aminah Bumiayu) serta satu jenazah lagi yang belum teridentifikasi.

Sedangkan korban yang masih dirawat intensif di RSU Muh. Siti Aminah Bumiayu Brebes yakni:
1) Eka Arisara (24) Dukuh Glempang Rt. 06 Rw. 02, luka memar punggung.
2) Rudi Hartono, Desa Jatisawit Bumiayu luka lecet.
3) Muisa, Desa Pangerasan Kecamatan Bantarkawung cidera kepala ringan dan lecet.
4) Eldin Noval, Desa Kalilangkap, luka lecet pada bagian kepala.
5) Didin Hasanudin, Dukuh Kampung Baru Rt. 04 Rw. 05 Desa Bumiayu, luka memar pada bagian punggung.
6) Galih Ibdra Yunanto, Dukuh Waru Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan, luka patah tulang lengan kanan dan dirawat di bagian orthopedi.
7) Romihun, Desa Plompong Kecamatan Sirampog luka lecet-lecet.
8) Mujamil, Desa Jatisawit Bumiayu luka lecet.
9) Muksinin, Desa Belik Kecamatan Pemalang, luka kepala berat dirujuk ke RS Margono.
10) Dan Wildan, asal Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong, cidera kepala dan amnesia.

Sementara 4 korban yang dirawat di RSU Alam Medica Bumiayu Brebes, Pratomo Diyanto (47) sopir truk asal Desa Karang Tengah Rt. 01 Rw. 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap (luka memar pada kedua mata dan lecet-lecet pada kaki), Fatkhiyah (53) Dukuh Krajan Rt. 03 Rw. 01 Desa Kalierang (luka lecet pada tangan dan kaki), Firda Ayu Febriani (9) Desa Karang Bawang Kecamatan Paguyangan (luka lecet pada kepala) dan terakhir adalah Abdul Faqih (13) asal Desa Pruwatan Rt. 01 Rw. 11 Kecamatan Bumiayu yang mengalami luka lecet pada bagian kaki.

Reporter : Marsono Rh
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*