Ade Yasin Janjikan Bangun Pasar-Pasar Tradisional Menjadi Pasar Modern, Lengkap Dengan Wifi

Calon Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin berjanji akan tingakatkan fasilitas semua pasar tradisional yang ada di Kabupen Bogor, Selasa 01/05/2018 (Dok. KM).
Calon Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin berjanji akan tingakatkan fasilitas semua pasar tradisional yang ada di Kabupen Bogor, Selasa 01/05/2018 (Dok. KM).

BOGOR (KM) – Setelah mengunjungi sejumlah pasar tradisional di wilayah Kabupaten Bogor dalam beberapa hari terakhir, Calon Bupati Bogor nomor urut dua, Ade Yasin, menyampaikan keinginannya menata pasar tradisional agar “lebih dari sekedar untuk aktivitas jual-beli.”

Khususnya pasar-pasar utama yang bangunannya sudah semi modern, Ade Yasin ingin meningkatkan fasilitasnya sehingga terasa nyaman bagi pengunjung maupun pedagang.

Pasar-pasar utama yang bangunannya sudah modern, dipastikan harus menjadi tempat belanja yang aman, nyaman dan tertib. Misalnya ditambah fasilitas internet (wifi ), ruang tunggu anak dan ruang ibu menyusui, toilet yang bersih dan keamanan yang siaga di berbagai sudut pasar.

“Kalau mau pasar tradisional tak kalah dari mall atau pusat perbelanjaan modern, ya harus kita tata agar warga merasa nyaman dan aman kalau belanja ke pasar. Fasilitasnya harus kita tambah dan kebersihan harus benar-benar terjaga. Pun demikian keamanan mesti siap siaga bilamana terjadi aksi kriminalitas,” jelas Ade Yasin kepada wartawan di Cibinong, Selasa (01/05/2018).

Sementara untuk pasar tradisional yang bangunannya masih konvensional atau belum dibangun menjadi lebih besar dan modern, harus diutamakan kebersihan dan keamanannya. Pun sejumlah fasilitas harus disediakan, khususnya untuk ruang istirahat para ibu yang membawa anak dan balita. “Harus manusiawi, pasar jangan sampai kalah dari pusat perbelanjaan atau grosir,” imbuhnya.

Secara perlahan, jika kelak menjadi Bupati, Ade Yasin berjanji akan membangun pasar-pasar tradisional menjadi bangunan yang modern.

“Pemkab Bogor punya BUMD pasar, tanggungjawab serta fungsi dan perannya harus dikuatkan lagi dengan perencanaan pengembangan pasar modern yang nyaman bagi pengunjung dan juga pedagang,” ujar Ade yang juga Ketua DPW PPP Jabar ini.

Advertisement

Ditambahkannya, bahwa dirinya akan memperhatikan serta akan mengedepankan dialog bersama masyarakat khususnya para pedagang dalam mengelola pasar serta dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayah pasar. Dan bahkan, nanti dia akan mendorong pembentukan koperasi pedagang pasar untuk mengatasi persoalan permodalan dan kesejahteraan pedagang.

Dari informasi yang diperoleh, Ade Yasin yang dalam Pilkada 2018 ini berpasangan dengan Calon Wakil Bupati Iwan Setiawan dengan akronim HADIST ini, melakukan blusukan ke Pasar tradisional Dramaga dan Ciluar-Sukaraja, akhir pekan lalu. Ade Yasin yang didampingi oleh Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor Elly Halimah ini blusukan untuk mengetahui harga sembako di pasar-pasar.

Dadang (52) pedagang sayuran meminta perhatian dari Pemkab Bogor dalam perubahan di pasar tersebut. “Kami inginnya diperhatikan oleh pemerintah. Saya doakan Ade Yasin – Iwan Setiawan menang. Ketika jadi pemimpin harus benar-benar diperhatikan,” ucapnya.

Hal senada juga dilontarkan Tati (38) pedagang ayam potong di Pasar Dramaga yang berharap jika kelak Ade Yasin jadi Bupati Bogor, harus berpihak kepada para pedagang pasar tradisional dan jangan berpihak ke pengusaha ritel.

“Kami hannya perlu diperhatikan, selain itu juga dibantu modalnya. Kondisi jalan di pasar ini yang becek agar segera diperbaiki, pasti pembeli banyak yang datang,” pungkasnya.

Reporter: Jamil
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*