Pj Bupati Tanggamus Berikan Pembinaan Bagi Kafilah MTQ ke-46 Provinsi Lampung, Bidik Pertahankan Gelar Juara

Pj Bupati Zainal Abidin dan Sekdakab Andi Wijaya beserta rombongan pada saat mengunjungi Lampung Kaligrafi Center, Sabtu 7/4 (dok. KM)
Pj Bupati Zainal Abidin dan Sekdakab Andi Wijaya beserta rombongan pada saat mengunjungi Lampung Kaligrafi Center, Sabtu 7/4 (dok. KM)

BANDAR LAMPUNG (KM) – Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin memberikan pembinaan terhadap Calon Kafilah MTQ yang akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke-46 di Bandar Lampung yang akan berlangsung 26 April hingga 1 Mei mendatang, Sabtu 07/04/18.

Pj. Bupati Tanggamus itu datang bersama Sekdakab Andi Wijaya selaku Ketua LPTQ Kabupaten dan Kepala Kantor Kementerian Agama Tanggamus Murdi Amin, memberikan pembinaan kepada kafilah MTQ yang tengah berada di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfiz Qur’an Darut Tilawah, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Adapun sebagian besar Calon Kafilah MTQ Kabupaten Tanggamus ditempatkan di ponpes ini selain sebagai pemondokan sementara juga sebagai tempat pelatihan menjelang pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke-46.

Kabupaten Tanggamus telah dua kali meraih prestasi sebagai Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung, yakni pada MTQ ke 44 di Kabupaten Tanggamus pada Tahun 2016, juga MTQ ke 45 di Kabupaten Pesawaran pada Tahun 2017. Oleh karenanya menjadi sebuah tantangan bagi Tanggamus untuk mampu mempertahankan predikatnya sebagai Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke 46. Untuk itu diperlukan latihan yang intensif bagi para Calon Kafilah dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi itu.

“Tanggamus sudah dua kali meraih juara umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung. Oleh karenanya saya minta kepada para qori dan qoriah Calon Kafilah MTQ Kabupaten Tanggamus untuk meningkatkan intensitas latihan agar memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi ke 46 ini,” pinta Pj Bupati kepada para calon kafilah MTQ.

Usai melakukan pembinaan di Ponpes Tahfiz Qur’an Darut Tilawah, Zainal Abidin dan rombongan mengunjungi Lampung Kaligrafi Center (LKC) di Kelurahan Gedung Air, Bandar Lampung, dimana sebagian Calon Kafilah MTQ Kabupaten Tanggamus juga ditempatkan dan berlatih di tempat tersebut.

Rombongan diterima oleh Dr. Arsyad Sobby Kesuma selaku pimpinan LKC, yang juga diketahui sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Lampung.

Di tempat ini rombongan melihat sejumlah Calon Kafilah tengah berlatih mengerjakan karya kaligrafi Al-Quran. Juga menerima penjelasan dari Dr. Arsyad, terkait materi dan makna sejumlah karya kaligrafi yang dibuat di tempat tersebut.

Pada kesempatan tersebut Zainal Abidin mengungkapkan rasa puas dan bangganya atas kemampuan dan keterampilan para Calon Kafilah dalam membuat karya kaligrafi yang indah dan memiliki nilai-nilai keagungan Al-Quran.

“Kami cukup puas dan bangga dengan kemampuan dan keterampilan anak-anak kami ini. Sungguh indah karya-karyanya dan tentunya terkandung nilai-nilai keagungan Al-Quran didalamnya,” ungkapnya.

Ia berharap para Calon Kafilah MTQ memperoleh prestasi terbaik, membanggakan. “Semoga kafilah dengan kemampuan yang dimilikinya dan latihan dengan baik, akan memberikan prestasi terbaiknya dan membanggakan bagi Kabupaten Tanggamus nantinya,” harapnya.

Pada akhir kunjungan rombongan menerima cindera mata berupa lukisan kaligrafi dari Lampung Kaligrafi Center, sebagai kenang-kenangan dan untuk semakin mengagumi seni kaligrafi dan keagungan Al-Quran.

Reporter: Jeni
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*