Nelayan Aceh Timur Temukan 5 Orang Muslim Rohingnya Yang Terdampar di Laut

Kamal Huson (8) bocah Muslim Rohingya terbaring lemah sedang diperiksa doktor di RS. Zubir Mahmud, Jumat 6/4 (dok. KM)
Kamal Huson (8) bocah Muslim Rohingya terbaring lemah sedang diperiksa doktor di RS. Zubir Mahmud, Jumat 6/4 (dok. KM)

ACEH TIMUR (KM) – Kapal nelayan asal Kuala Idi, Aceh Timur, menemukan sebanyak 5 orang Muslim Rohingya yang terdampar di laut lepas beberapa hari yang lalu hanya menggunakan sampan tanpa mesin yang terbawa kemana arah angin tertiup, Jumat, 6/4/2018.

Kelima warga Myanmar itu yakni 2 orang laki-laki dewasa, 2 wanita dan 1 bocah laki-laki, saat sampai di Aceh Timur semuanya dalam keadaan lemas.

Menurut keterangan Danpos TNI-AL Kuala Idi H.B. Aris Santo mengatakan,
Muslim Rohingya tersebut ditemukan oleh kapal Kurnia King yang ditekongi oleh Ridwan sekitar 167 mil dari Kuala Idi pada Senin Malam (2/4) sekira pukul 20:00 WIB dan baru sampai ke daratan Aceh Timur Jumat (6/4) dinihari sekira pukul 02:00 WIB.

Advertisement

“Etnis Muslim Rohingya yang terdampar tersebut ditemukan oleh kapal nelayan warga 4 hari yang lalu di lautan lepas, karena begitu jauh sehingga sekarang baru sampai kedaratan Aceh Timur,” ucapnya.

Pihaknya langsung menghubungi Tim SAR dan Paramedis begitu sampai di Kuala Idi, dan kelima Muslim Rohingya tersebut langsung dibawa ke RS. Zubir Mahmud menggunakan ambulan untuk mendapat perawatan.

Belum diketahui pasti penyebab hanyutnya Muslim Rohingna tersebut, namun diduga kasus mereka sama seperti kasus-kasus Muslim Rohingya yang ditemukan hanyut sebelumnya.

Adapun identitas Muslim Rohingya tersebut yakni, Muhammad Ilyas (33), Umor Syidik (28), Kamal Huson (8), Mominah (20), dan Syamimah (15).

Reporter : ZK
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*