Jalan Kali Abang Baru Dibeton Sudah Rusak, Pengamat Kritisi Pengawasan DBMSDA Kota Bekasi

Hasil pekerjaan betonisasi di Jalan Raya Kali Abang, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi (dok. KM)
Hasil pekerjaan betonisasi di Jalan Raya Kali Abang, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi (dok. KM)

BEKASI (KM) – Pekerjaan rutin yang diselenggarakan Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air (DBMSDA) Kota Bekasi  memakai Anggaran Pendapatan Belanja Baerah (APBD) 2018 di Jalan Raya Kali Abang, Perwira, Bekasi Utara, Kota Bekasi, di berapa titik sudah tampak retak dan rusak.

Jalan raya yang dicor dengan ketebalan 20cm menggunakan besi wire mesh pun terindikasi tidak dipasang dengan semestinya, dengan tidak adanya tahu beton sehingga besi itu menempel langsung dengan permukaan bawah, yang membuat besi rangka itu beresiko terkena korosi atau berkarat.

Dari hasil beton yang sudah tertuang pun menjadi tidak maksimal, retak atau pecah di beberapa titik.

Pemerhati infrastruktur dan anggaran negara Kota Bekasi, Saut Nainggolan, mengatakan bahwa anggaran yang diserap menjadi “sia-sia” saja.

“Seharusnya pengawas Dinas BMSDA Kota Bekasi, dalam mengawasi kegiatan tersebut harus lebih tegas lagi bila perlu sampai usai kegiatannya, karena melihat lintasan tersebut selain padat juga dilintasi dengan kendara bertonasi lumayan berat, sehingga dalam pelaksanaan maupun pengawasannya pun harus ekstra,” katanya.

Advertisement

Lebih lanjut Saut mengecam Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pekerjaan tersebut dan menuntut agar “dibongkar dan dikerjakan kembali.”

“Sehingga selain bisa membuat efek jera kontraktor dan juga menjadi perhatian khusus kepada bawahannya supaya lebih serius lagi dalam pengawasan di setiap kegiatan yang dianggarkan dan dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Bekasi dapat tercapai sesuai keinginan masyarakat dan pemerintah Kota Bekasi yang berkualitas,” tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, baik kontraktor maupun Dinas terkait belum bisa mintai keterangan terkait kegiatan tersebut.

Reporter: DEN
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*