Dana TPG 2016 Belum Disalurkan Juga, Puluhan Guru Unjuk Rasa di Gedung DPRK Aceh Timur

Puluhan Guru menggelar Aksi Damai di depan gedung DPRK Aceh Timur. Senin, 15/4/2018 (dok. KM)
Puluhan Guru menggelar Aksi Damai di depan gedung DPRK Aceh Timur. Senin, 15/4/2018 (dok. KM)

ACEH TIMUR (KM) – Puluhan guru PNS yang tergabung dalam Koalisi Barisan Guru Bersatu (KOBAR-GB) se-Aceh Timur menggelar aksi damai di depan Gedung DPRK Kabupaten Aceh Timur pada Senin 16/4/2018, menuntut penyelesaian pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) bulan Desember 2016 yang belum terealisasikan hingga saat ini.

Saat diwawancarai KM, Ketua Kobar-GB Aceh, Sayuti Aulia mengatakan, “Kami menggelar aksi protes ini karena hak guru tidak diberikan, dan karena tidak ada kepastian terkait permasalahan tersebut,” ucapnya.

Adapun aksi protes puluhan guru yang mewakili nasib serupa ribuan guru lainnya disambut oleh Komisi A DPRK Aceh Timur, yang kemudian memediasi para pengunjuk rasa dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Keuangan terkait terhambatnya penyaluran dana TPG di salah satu ruangan sidang DPRK Aceh Timur.

Dalam mediasi tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Timur Jalaludin menyampaikan bahwa terkait Dana TPG bulan Desember 2016 akan diselesaikan “dalam waktu dekat ini”, setelah para guru menyelesaikan persyaratan administrasi.

“Sepulang dari sini, para guru silahkan datang ke Dinas Pendidikan untuk menandatangani SK G-Over, dan uang akan dicairkan setelah semua guru menandatangani SK tersebut,” ujarnya.

Ketua Komisi A DPRK Aceh Timur Irwanda Hamzah mengatakan, “Kami hanya melakukan mediasi antara KOBAR- GB, Dinas Pendidikan serta Dinas Keuangan Aceh Timur terkait dana TPG bulan Desember 2016 yang belum disalurkan dan Alhamdulillah sudah ada titik temu terkait permasalahan tersebut,” tutupnya.

Reporter: ZK
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*