Staf Ahli Menkumham Minta Kerjasama Kepolisian dan Kejaksaan untuk Atasi Over Kapasitas Lapas

Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi, Asep Kurniawan (dok. KM)
(Kiri) Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi, Asep Kurniawan (dok. KM)

PANGKALPINANG (KM) – Kepala Kanwilkemenkumham Provinsi Babel, Yosep, berpindah tugas baru, kini sebagai Kepala Kanwil Kemenkumham di Kalimantan Tengah. Selain Yosep, Suharman juga ditempatkan di tugas yang baru sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Madiun.

Dalam acara pengantar tugas kedua pejabat ini, Staf Ahli Menteri Hukum Dan HAM Asep Kurniawan juga memberikan arahan kepada jajarannya.

“Maksud dan tujuan kami menghadirkan rekan-rekan jajaran seluruh Pegawai/Pejabat unit pelaksanaan teknis agar mendapatkan arahan dari kami, baik dari Lapas maupun imigrasi, di ruang Balai Pengayoman, (adalah) untuk menjelaskan tentang zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani, baik di tingkat lapas serta imigrasi. Ini adalah program pemerintah Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Sipil Negara. Saat ini hampir semua instansi didorong untuk bisa masuk dalam wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani,” papar Asep.

“Kita menyadari, dari Kementerian Hukum dan HAM, saat ini hampir seluruh Lapas juga yang ada di Indonesia sudah over kapasitas,” sambungnya.

“Sementara dalam permasalahan yang berkaitan dengan over kapasitas harus adanya penyelesaiannya tidak bisa di Kementerian Hukum dan HAM saja dengan tindakan criminal justice system harus bisa juga bersama-sama dengan pihak kepolisian serta kejaksaan untuk kerjasama, tidak bisa hanya Kementerian Hukum dan HAM saja perlu ada bantuan juga,” kata Asep.

Reporter: Suryadi L
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*