Kodim Bogor Kawal Penyerapan Gabah Petani

BOGOR (KM) – Dengan adanya program pemerintah tentang upaya percepatan penyerapan gabah petani yang tertuang dalam Perpres No. 20 tahun 2017 dan Permentan No. 3 tahun 2017 tentang Pedoman pembelian harga gabah dan beras petani, TNI dalam hal ini Kodim 0621/Kabupaten Bogor membantu melakukan pengawalan dan pendampingan program tersebut.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Fransisco di sela melakukan kegiatan serap gabah petani pada Kelompok Tani (Poktan) Balebat, Desa Cariu, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Sabtu (3/3/2018).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Dirjen Kementan Gatut, Kadistan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor Siti Nurianti, Danramil 2108/Cariu Kapten Slamet Riyadi, Kapolsek Cariu Kompol Darmawan, Perwakilan BNI dan Kasi Jasa Bulog subdrive Cianjur Agus serta Rohman, Ketua Poktan Balebat Desa Cariu.

Menurut Fransisco, pihaknya “berkomitmen penuh” mendukung program pemerintah dengan melakukan pengawalan dan pendampingan guna mensukseskan serap gabah petani agar tidak memberi celah pada tengkulak untuk mempermainkan harga gabah petani.

“Dalam melakukan pengawalan dan pendampingan, kita membentuk Satgas serap gabah. Upaya tersebut dilakukan untuk menangkap oknum tengkulak atau pembeli gabah petani yang mempermainkan harga gabah pada petani,” imbuhnya.

“Kodim 0621/Kabupaten Bogor, tahun 2018 berhasil serap gabah petani sebesar 20 persen dari 3 ton atau sekitar 6 kwintal,” pungkasnya.

Reporter: ayub
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*