Bazar UKM Meriahkan Kontes Robotik E-Time Poltek UI

DEPOK (KM) – Kompetisi robotik “E-Time” kembali digelar oleh mahasiswa teknik elektro Politeknik Negeri Jakarta di area Faculty Club, Universitas Indonesia Depok pada 27-29 Maret. Kegiatan ini merupakan event tahunan yang rutin diadakan oleh mahasiswa teknik elektro Politeknik Negeri Jakarta dan tahun ini adalah yang ke-9 kalinya.

Yahya Abdurrozak selaku Ketua Panitia E-Time tahun ini mengatakan bahwa kegiatan E-Time ini merupakan agenda tahunan sebagai ajang mengasah kemampuan. “Ini momen dimana teman-teman dari mahasiswa teknik elektro di seluruh Indonesia bisa berkumpul bersilaturahmi, berkompetisi, dan menampilkan bakat keterampilan yang dimilikinya,” ujarnya saat diwawancarai.

E-Time kali ini mengusung tema “imagination through technology“. “Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa bisa lebih mengembangkan imajinasinya guna memunculkan ide-ide yang produktif dan bermanfaat untuk masa depan. Dari imajinasi supaya bisa lebih berkreasi, sehingga dari imajinasi tersebut dapat menciptakan sebuah alat,” jelas Yahya.

Lebih lanjut Yahya menjelaskan bahwa peserta E-Time ini berasal dari Politeknik se-Indonesia dan juga ada dari sekolah kedinasan seperti Sekolah Sandi Negara. “Peserta ada sekitar 500 orang, dan mereka sangat antusias dalam acara ini karena memang kami sejak awal selalu memberikan servis yang bagus dan mereka juga puas dengan hadiah yang kami sediakan dan nilainya lebih besar daripada even serupa yang dilakukan di tempat lain.”

“Bedanya tahun ini ada bazarnya selama 3 hari, kalau sebelumnya tidak ada, jadi masih banyak belajar dan evaluasi juga, kalau bentuk lombanya sejak 2015 ada 3 macam perlombaan,” lanjutnya.

Bazar itu diramaikan oleh UKM-UKM setempat yang menjaja produk buatan mereka.

“Waktu hari pertama ramai mas, tapi hari ini agak kurang, mungkin karena masih siang,” ujar salah seorang pedagang UKM yang enggan disebutkan namanya.

Terkait dukungan, Yahya kembali menuturkan kalau dirinya sangat mengapresiasi pihak kampus yang “sangat mendukung” kegiatan tahunan ini.

“Sangat support dan ada bantuan juga, selain itu juga ada bantuan dari beberapa sponsor, dukungan dari media partner, dari Diskominfo, serta Kemenpora juga support untuk piala nya,” terangnya.

“Kalau tantangan dari pelaksanaan acara ini adalah kendala tempat karena dalam lomba ini butuh tempat yang luas dan representatif, jadi dibutuhkan dana juga,” pungkas Yahya.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*