Telaga Sa’at Cikoneng Sudah Dangkal, Korem Suryakancana Bergerak untuk Restorasi

Danrem 061/SK Kol Inf Muhamad Hasan menanam pohon di sekitar Telaga Sa'at Cikoneng, Cisarua, Kabupaten Bogor Minggu 25/2 (dok. KM)
Danrem 061/SK Kol Inf Muhamad Hasan menanam pohon di sekitar Telaga Sa'at Cikoneng, Cisarua, Kabupaten Bogor Minggu 25/2 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Gerakan yang diinisiatori oleh Korem 06/SK untuk mengembalikan fungsi Hulu Cai Ciliwung di Talaga Sa’at Cikoneng, Cisarua, Kabupaten Bogor, bergulir Minggu 25/02/2018.

Sungai Ciliwung yang mengalir hingga ke Jakarta memiliki 13 mata air sebagai sumber air yang mengaliri Sungai Ciliwung, salah satunya yang terbesar adalah Telaga Sa’at yang dapat menampung 5 juta liter kubik air.

“Kondisi yang sudah sangat tidak baik dari Telaga Sa’at ini, yang merupakan hulu dari Sungai Ciliwung… menggerakkan kami dari Korem 061/SK untuk mengembalikan kondisi dari Telaga Sa’at ini,” ungkap Kol Inf. Muhamad Hasan kepada awak media (25/02).

“Ya Korem 061/SK hanya sebagai inisiator saja dalam menggerakkan pengembalian kembali kondisi Telaga Sa’at, yang jika dalam kondisi 100% dapat menampung 5 juta liter kubik air, namun kondisi sekarang yang sudah dangkal, penuh dengan gulma dan tanaman air yang jelas mengakibatkan berkurangnya fungsi dari Telaga Sa’at ini.”

“Giat ini juga sebagai motivasi kesadaran masyarakat dalam kecintaannya terhadap lingkungan, ya kita bisa lihat semua unsur ada di sini, ada Muspida Kabupaten Bogor, TNI, Polri dan juga ratusan komunitas-komunitas yang berada di wilayah Korem 061/SK.”

Kegiatan ini, lanjut Hasan, “bukan sekedar seremonial saja semua pihak yang hadir, serta kami Korem 061/SK akan terus menuntaskan “Ngalokat” pengembalian hulu cai Sungai Ciliwung ini hingga selesai dan juga akan terus mengawal bersama pihak Muspida terkait.”

“Kami ingatkan kondisi sekarang ini salah satu penyebab terbesarnya adalah pembiaran, jadi marilah bersama-sama kita jaga alam dan lingkungan ini karena demi kepentingan kita semua,” pungkasnya.

Reporter: Dody
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*