Sidak Muspida Kota Bogor Ke Pasar Induk Kemang Hanya Sosialisasi Larang Pungli, Aktivis Nilai Tidak Efektif

Jajaran Muspida Kota Bogor saat sidak Pasar Induk Kemang, Jalan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor Rabu 14/02/2018 (dok. KM)
Jajaran Muspida Kota Bogor saat sidak Pasar Induk Kemang, Jalan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor Rabu 14/02/2018 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sejumlah unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bogor yang terdiri dari Polresta Bogor, Kejaksaan Kota Bogor dan Dinas UMKM Kota Bogor melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Induk Teknik Umum Kemang di Jalan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (14/02/2018).

Carut-marut pengelolaan Pasar Teknik Umum Induk Kemang yang dipegang oleh PT. Galvindo Ampuh membuat sejumlah pedagang geram dan kecewa karena terdapat bukti bahwa mereka melakukan Pungutan Liar (Pungli).

Dan lebih parahnya lagi, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto sudah mengetahui bahwa PT. Galvindo Ampuh sudah melakukan pungli sejak habis masa berlaku perjanjian MOU dengan Pemerintah Kota Bogor dari tahun 2007 silam.

Koordinator Indonesia Fight Corruption Aldi Swara mengatakan, “seharusnya pihak Kepolisian tangkap tangan adanya pungli di Pasar Induk, kan sudah jelas itu pungli bahkan sudah tidak menjadi rahasia publik ada pungli di Pasar. Sekarang bagaimana kita berantas korupsi dan pungli kalau hanya teguran saja?” ungkapnya.

Salah satu pedagang Pasar Induk Kemang, Kang Idin (63) mengatakan, “Saat adanya sidak pada Rabu sore para unsur Muspida hanya bersosialisasi dengan pihak PT Galvindo Ampuh, untuk tidak melakukan pungli kembali.”

“Hanya bersosialisasi saja untuk tidak memungut pungli kembali mulai dari pos depan hingga pos belakang Pasar Induk Kemang,” ujarnya kepada awak media.

Lanjut idin, “mereka ditemani PT Galvindo dan para petinggi PD Pasar Jaya melakukan sosialisasi kepada pedagang agar tidak lagi memberikan pungli kepada oknum yang mengaku PT Galvindo Ampuh.”

“Jadi cuman ngecek saja bang, dan melarang adanya pungli di Pasar Induk Teknik umum Kemang ini,” ujarnya.

Reporter: Dody/KPK News
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*