Rapat Paripurna Soal Temuan Pansus Angket KPK Sepi Hadirin

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memberikan keterangan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta Rabu 14/2 (dok. KM)
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memberikan keterangan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta Rabu 14/2 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – DPR RI hari ini menggelar Rapat Paripurna untuk membahas temuan Pansus Hak Angket menyusul putusan MK bahwa Hak Angket terhadap KPK sah, namun dari pantauan kupasmerdeka banyak anggota yang tidak hadir, termasuk KPK dan Pemerintah.

Terkait kemungkinan KPK akan mengabaikan laporan Pansus, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan bahwa pihaknya belum dapat “mengkonfirmasi” sikap KPK.

“Itu kan keputusan-keputusan yang sudah dibuat tadi berdasarkan penyelidikan kita tahu bahwa KPK baru hari ini mengirimkan surat jawaban tetapi itu kan bukan konfirmasi, karena KPK tidak hadir dalam paripurna kan gak bisa dikonfirmasikan,” ujar Wakil ketua DPR Fahri Hamzah.

“KPK tidak hadir di paripurna, namun mengirimkan dokumen-dokumen. Maka biar dibaca dulu secara tuntas karena lampirannya tebal, temuan-temuannya juga tebal, kita akan memberikan ke beberapa lembaga untuk kita diskusikan, dan saya kira ini sekarang era mendiskusikan lah secara rasional bagaimana cara kita menata pemberantasan korupsi ke depan, saya kira bangsa Indonesia sangat sanggup memberantas korupsi dan saya percaya itu,” lanjut Fahri.

Ia juga menekankan kembali tentdang perlunya lembaga pengawas bagi KPK.

“Kalau lembaga pengawas dibentuk oleh KPK sebetulnya kekuatannya tidak akan kuat apabila tidak dibentuk oleh UU. Kalau kepolisian ada Kompolnas dibentuk oleh UU, Kejaksaan ada komisi di kejaksaan dibentuk oleh UU sementara KPK tidak ada pengawasnya,” ungkapnya.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*