Longsor di Purbalingga Timpa Satu Rumah, 4 Anak Tewas

PURBALINGGA (KM) – Curah hujan tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Purbalingga pada Kamis (22/2/2018) mengakibatkan terjadinya bencana alam tanah longsor di Dusun Pule, Desa Jingkang RT. 03 RW. 04 Kec. Karangjambu, pada pukul 21.00 WIB.

Akibat longsor tersebut, satu rumah milik Solihin, warga Dusun Pule, Desa Jingkang RT. 03 RW. 04 Kec. Karangjambu Kab. Purbalingga tertimpa longsor. 4 orang meninggal dunia tertimbun longsor dan 6 orang lainnya luka.

Kejadian berawal saat Solihin sedang melaksanakan tahlil dalam rangka hajatan, namun secara tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang berasal dari tebing di belakang rumahnya.

Mendengar kejadian tersebut, Solihin beserta warga yang lain yang menghadiri tahlilan, menyelamatkan diri keluar dari rumahnya. Namun, beberapa anggota keluarganya yang sedang tidur di dalam kamar tidak sempat menyelamatkan diri, hingga menjadi korban tertimbun longsor.

Usai kejadian, warga bersama dengan pihak terkait, Koramil 09/Karangreja Kodim 0702/Pbg beserta Muspika Karangreja dan Pemerintahan Desa Jingkang serta warga masyarakat setempat melakukan evakuasi.

Dari proses evakuasi tersebut, ditemukan korban 4 orang anak meninggal dunia, yakni Alkaromi Bin Nurofik (7), M. Sifaul Umam Bin Solihin (9), Safangatul Isman Bin Suyanto (3), dan Abdul Roup Bin Sukimin (11). Korban meninggal mengalami luka, pendarahan mata dan hidung serta patah tulang.

Sementara korban 1 orang mengalami luka berat yakni Sahrudin (55), luka patah tulang paha kiri dan dirawat di RSUD Goetheng Tarunadibrata Purbalingga. 5 orang mengalami luka ringan, Sohimin (38), Ruslan (25), Ojan (16), Sarip (35), dan Karsun (16).

Korban luka ringan dirawat di Puskesmas Karangjambu, Sedangkan korban selamat dievakuasi di Balai Desa Jingkang.

Tanggap darurat terjadinya bencana tanah longsor di wilayah Koramil 09/Karangreja, Kodim 0702/Pbg, menghimbau kepada warga masyarakat Desa Jingkang terutama yang tinggal di daerah perbukitan di RT. 03 RW. 04 agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap longsor susulan.

Reporter: Marsono
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*