Koramil dan Muspika Cibinong Sosialisasi Penanganan Sampah

BOGOR (KM) – Permasalahan sampah sudah menjadi permasalahan nasional yang patut menjadi perhatian dan penanganan serius bagi semua elemen dan komponen masyarakat. Hal tersebut disampaikan Danramil 2102/Cibinong, Kapten Inf. Acep Komarudin saat memberikan sosialisasi penanganan sampah di Aula Gedung Serbaguna, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (31/1/2018).

“Sosialisasi akan terus kita lakukan dan berikan kepada masyarakat, baik dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Kelurahan yang ada di kecamatan Cibinong. Di tingkat kelurahan nantinya akan dilakukan oleh para anggota Babinsa,” ungkap Danramil saat dikonfirmasi Media KUPASMEDEKA.com.

“Berbagai program yang sudah kita lakukan mulai dari program Bank sampah, melakukan pembersihan sampah di kali, melaksanakan kerja bakti dengan masyarakat dan penggiat lingkungan,” imbuh Acep pula.

Lebih lanjut Kapten Inf. Acep Komarudin menyampaikan, “Sekitar 62 persen sampah berasal dari sampah rumah tangga, ini harus menjadi fokus perhatian kita semua, untuk itu diharapkan kepada semua elemen bersama penggiat lingkungan terus senantiasa mengingatkan masyarakat agar lebih peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Camat Cibinong, Drs. Bambang Tawekal dengan didampingi Danramil 2102/Cibinong, Kapten Inf. Acep Komarudin dan dihadiri sekitar 120 orang yang terdiri dari unsur Muspika Cibinong, beberapa Lurah, Perwakilan PMI Kab. Bogor, Para Penggiat lingkungan dan RT/RW Sekecamatan Cibinong serta segenap anggota Babinsa dan Ketua persatuan istri prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana, Koramil 2102/Cibinong, Eius Yani, beserta ibu-ibu anggota Persit lainnya.

Camat Cibinong saat membuka acara menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan menjadi salah satu program Muspika, dalam hal permasalahan dan penanganan sampah khususnya di Kecamatan Cibinong,” ungkap Bambang Tawekal.

“Permasalahan ini harus kita selesaikan dan menjadi komitmen bersama dari segenap unsur Muspika Cibinong, mulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kelurahan hingga ke tingkat RT/RW.”

“Dari berbagai Keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat, diharapkan semua komponen terus berusaha untuk bisa merubah pola berfikit masyarakat untuk bisa menangani sampah agar tercipta lingkungan yang bersih,” pungkas Camat.

Di akhir acara Danramil menyimpulakan, “Bahwa berbagai macam bentuk sampah baik sampah organik maupun anorganik bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan memberikan nilai tambah dengan melakukan berbagai pengolahan, sehingga bisa mereduksi jumlah sampah itu sendiri.

“Pada intinya, terkait penanganan sampah walau kita tidak bisa melakukan secara maksimal namun setidaknya kita semua bisa berbuat untuk masyarakat dan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah sehingga terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat,” katanya saat menutup acara sosialisasi.

Reporter: Ayub
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*