IKKPAS Salurkan Bantuan Kepada Korban Gempa di Caringin, Tuding Pemkab Cuek Terhadap Kondisi Masyarakat

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Relawan Ikatan Komunitas Kawasan Puncak Sekitarnya (IKKPAS) menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa di Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Selasa (20/02/2018).

Selain itu Relawan IKKPAS yang dipimpin Iman Sukarya meninjau langsung kondisi rumah Bebed, warga Desa Tangkil yang menjadi korban gempa yang terjadi berapa waktu lalu.

Aktivis yang juga Sekjen Aliansi Masyarakat Penyelamat Bogor (AMPB) itu mengatakan, “penyaluran bantuan ini merupakan amanah dari donatur yang telah mempercayakan kepada kami, untuk diserahkan kepada para korban bencana gempa di wilayah Kabupaten Bogor,” jelasnya kepada awak media (20/02).

“Ya bantuan ini adalah amanah, apa yang dilakukan oleh kawan-kawan relawan hanya menyampaikan saja, dari donatur yang sudah memberikan kepercayaannya kepada kami,” kata Iman.

Iman pun menyayangkan sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang dinilainya kurang cepat dalam merespon warga yang menjadi korban bencana ini.

“Ini ada pembiaran yang dilakukan oleh Pemkab Bogor selaku aparatur yang seharusnya melayani masyarakat, tapi ini malah dicuekin saja tanpa ada usaha merespon dan memberikan bantuan atau solusi penyelesaian.”

“Saya berharap Bupati Bogor harus evaluasi kinerja aparatur dan instansinya dari tingkat bawah, yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat, tapi mereka tidak peduli dengan kondisi masyarakat,” ujar Iman.

Di tempat yang sama aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kabupaten Bigor Ali Ronggur Siregar mengatakan bahwa Pemkab Bogor sudah tidak memiliki Sense Of Belonging.

“Sangat jelas adanya pembiaran kesengsaraan masyarakat Kabupaten Bogor tapi tidak dipedulikan. Ini jelas pembiaran, Pemkab Bogor harus bertanggung jawab terhadap hal ini. Inikah potret nyata dari Kabupaten Termaju Se-Indonesia?” pungkasnya.

Reporter: ATV
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*