Sempat Vakum Dua Tahun Akibat Trauma, Pengurus APJI Depok Siap Bantu Pemkot dalam Pemberdayaan UKM

Siti Khadijah, Ketua APJI Kota Depok (dok. KM)
Siti Khadijah, Ketua APJI Kota Depok (dok. KM)

DEPOK (KM) – Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia atau yang disingkat dengan APJI sudah berdiri sejak 1988 dan hingga kini yang sudah tergabung di dalamnya mencapai sekitar 3000 anggota yang tersebar diseluruh Indonesia yang terdiri dari berbagai macam jenis usaha dan golongan mulai dari skala kecil, menengah, hingga yang besar.

APJI merupakan wadah bagi para pengusaha jasa boga Indonesia agar mereka para pengusaha tersebut dapat mengembangkan diri dan usahanya. Dalam perjalanannya, anggota yang tergabung tidak hanya yang memiliki usaha catering saja, namun juga mereka yang usahanya berperan serta dalam menopang kegiatan catering tersebut seperti toko kue, tukang rias pengantin, tempat penyewaan alat pesta, supplier bahan catering, foto studio dan banyak lagi yang terkait dengan usaha catering.

Pasca dilantik sebagai ketua APJI Kota Depok untuk masa bakti 2015-2020, Siti Khadijah bersama-sama dengan pengurus APJI lainnya langsung menyelenggarakan kegiatan “Gebyar Kuliner” pada 2015 silam yang menghabiskan dana hampir Rp. 1 Milyar.

“Kalau dari penilaian pihak luar acara bisa dibilang sukses, namun kalau dari kacamata panitia bisa dibilang sebaliknya, karena akibat tidak mendapat dukungan dari pemkot saat itu, alhasil APJI Depok harus menanggung hutang hingga ratusan juta rupiah disebabkan donatur acara yang sudah menyatakan siap mendanai ternyata menghadapi masalah finansial sehingga urung mendanai kegiatan tersebut,” ungkap Siti Khadijah.

Lebih lanjut ia menjelaskan, akibat kejadian tersebut, para pengurus mengalami trauma sehingga dalam dua tahun terakhir tidak mengadakan kegiatan sama sekali.

“Meski begitu saya tetap berusaha menjalankan roda organisasi namun lebih bersifat pribadi dengan mengadakan pelatihan di dapur saya dengan menggunakan dana pribadi dibantu beberapa teman, Alhamdulillah sudah ada sekitar 30 orang binaan kami sejak kami membuka pelatihan gratis 6 bulan terakhir,” jelasnya saat diwawancarai tim KM.

Rencananya pada akhir Januari 2018 ini, pengurus APJI akan mengumpulkan seluruh pengusaha catering yang ada di wilayah Depok agar mereka segera bergabung dengan cara mendaftarkan usaha catering mereka didalam keanggotaan APJI.

“Kendala kami selama ini memang belum berhasil mengumpulkan para pengusaha catering tersebut sehingga belum ada sinergi antara pengusaha catering yang satu dengan yang lainnya,” jelas ketua APJI Depok ini.

Lebih lanjut, sosok wanita yang juga pemilik Lestari Catering ini juga memaparkan beberapa agenda yang akan dijalankan dalam masa kepengurusannya hingga 2020 mendatang.

“Akhir tahun lalu kami sudah terdaftar di Kesbangpol dan selanjutnya kami akan melakukan kunjungan ke instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Pertanian, Perdagangan, Pariwisata, dan instansi terkait lainnya untuk menjalin kemitraan, dan terakhir akan menggelar kembali acara gebyar kuliner,” paparnya.

“Selama ini saya melihat pemerintah hanya mengadakan pelatihan-pelatihan saja setelah itu selesai tanpa ada pendampingan atau pembinaan lanjutan. Nah dalam hal ini, saya berharap agar pemerintah dalam hal ini pemkot Depok dapat menyertakan Kami dari APJI di dalam pembinaan dan pendampingan bagi pelaku UKM yang sudah mengikuti pelatihan tersebut, sehingga mereka tidak putus ditengah jalan dan hanya mengandalkan acara-acara bazaar saja,” lanjut Khadijah.

“Karena di APJI sendiri banyak kesempatan yang bisa dikembangkan oleh para pelaku UKM dalam mempromosikan produk buatan mereka dan dicatering saya sendiri sudah ada beberapa UKM yang turut mensuplai makanan kebutuhan catering saya,” pungkas Siti Khadijah menutup sesi wawancara dengan tim KM.

Sebagai informasi tambahan, diantara keuntungan yang bisa diperoleh anggota APJI adalah sebagai berikut :
1. Mendapat KTA dan Sertifikat APJI
2. Diikutkan dalam pelatihan pengembangan usaha dan peningkatan kualitas kerja
3. Mendapat Informasi Pekerjaan Tender
4. Pembagian pekerjaan catering bila ada proyek dari pemerintah

Reporter: Sudrajat, Indra Falmigo
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*