Menko Luhut: “Mulai Sekarang, Pemerintah Akan Bertindak Tegas Soal Pencemaran Sungai Citarum” 

Sosialisasi Penataan Sungai Citarum
BANDUNG (KM) – Sosialisasi Program Penataan Sungai Citarum kembali digelar oleh Pemprov Jawa Barat pada Selasa (16/01) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar dan Kasdam III/Siliwangi, Brigjen Yosua Sembiring.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan meminta kepada para pengusaha untuk tidak lagi membuang limbahnya langsung ke Sungai Citarum.

“Karena itu mencederai hampir 27,5 juta orang yang memanfaatkan sungai tersebut, yang juga menjadi sumber air minum Jawa Barat dan Jakarta sebesar 80%, selain juga mengairi hampir 420 ribu hektar sawah,” ujarnya dalam acara tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, “Mulai sekarang pemerintah akan bertindak tegas menerapkan peraturan terkait pencemaran Sungai Citarum. Jadi, industri harus patuh, tidak ada alasan untuk tidak mengolah limbah melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Dan saya berharap semua dapat bekerja dengan hati dan sungguh-sungguh. Karena masalah Citarum adalah masalah kita semua,” imbuhnya mengakhiri.

Turut hadir dalam acara ini, para Bupati dan Walikota, penggiat lingkungan hidup, para pengusaha serta TNI dan POLRI yang wilayah kerjanya dialiri Sungai Citarum, untuk bersama menata kembali Sungai Citarum yang mendapat predikat sungai tercemar ini.

Reporter: Jans
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*