Lagi, Ribuan Warga Terkena Dampak Banjir di Aceh Utara

Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar (dok. KM)
Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar (dok. KM)

ACEH UTARA (KM) – Curah hujan tinggi yang mengguyur kawasan Kabupaten Aceh Utara mengakibatkan banjir di beberapa Kecamatan di Aceh Utara, Rabu 03/01/2018.

Banjir yang menggenangi pemukiman penduduk terjadi pada pukul 02.00 WIB. Curah hujan yang sangat tinggi berdampak meluapnya Sungai Keuruetoe, Sungai Pirak, Sungai Peutoe, Sungai Pase dan Sungai Jambo Aye.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Munawar menjelaskan, curah hujan beberapa hari ini cukup tinggi di wilayah Kabupaten Aceh Utara.

“Hujan yang terus mengguyur hampir setiap hari ini mengakibatkan sungai-sungai meluap dan mengakibatkan banjir pada pemukiman penduduk di 6 Kecamatan,” jelasnya kepada kupasmerdeka.com kemarin 3/1.

Munawar menuturkan, “dari data di lapangan, warga yang terkena dampak banjir ini mencapai 1.259 orang atau 343 kepala keluarga.”

“Saat ini para korban mengungsi ke Meunasah Gampong masing-masing dan sebagiannya ke Posko yang disediakan oleh Pemerintah Daerah,” tuturnya.

Adapun Munawar menambahkan, 6 Kecamatan yang dilanda banjir ini meliputi Kecamatan Matang Kuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Paya Bakong, Lhoksukon dan Langkahan.

“Kami terus membantu dan menangani para korban banjir, dan saya berharap uluran tangan dan bantuannya dari semua stakeholder yang ada di Kabupaten Aceh Utara pada khususnya,” harapnya.

Reporter: Azhar
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*