DPRD Kota Bogor Hapus Semua Denda Administrasi Kependudukan di Disdukcapil

BOGOR (KM) – Peraturan daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 mengenai administrasi kependudukan kini menjadi Perda Nomor 3 Tahun 2018. Dalam Perda tersebut telah terjadi satu perubahan yaitu di pasal tentang sanksi denda administrasi.

Perubahan tersebut menjadikan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) saat ini tidak ada lagi denda alias gratis.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor beserta jajarannya mengaku telah berjuang dalam mewujudkan perubahan administrasi kependudukan tanpa sanksi denda, hingga akhirnya terealisasi setelah ditetapkan oleh DPRD Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Doddy Ahdiat menjelaskan, “perubahan Perda tersebut karena Disdukcapil memiliki target dalam pendataan secara lengkap dari akte kelahiran, kemudian pemuktahiran kartu keluarga (KK),” jelasnya kepada kupasmerdeka.com saat ditemui di ruang kerjanya Selasa 30/01/2018.

“Kami tentu sangat berterimakasih kepada teman-teman di DPRD Kota Bogor, atas dukungannya dengan perubahan Perda yang tadinya ada denda administrasi, sekarang sudah diubah atau dihapus,” sambungnya.

Doddy menuturkan, “ketika masyarakat yang ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan, sekarang sudah gratis. Perubahan perda tersebut, baru kami terima pada Senin 29 Januari 2018 kemarin.”

“Hal ini dapat memotivasi kepada masyarakat Kota Bogor agar dapat segera mengurusi segala kelengkapan administrasi kependudukan.”

“Dengan gratis tanpa ada denda setidaknya dapat memberikan motivasi dan semangat bagi masyarakat untuk segera datang ke Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan,” pungkasnya.

Reporter: Dody
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*