Dandim Aceh Timur Pimpin Tanam Padi Perdana di Desa Sekumur Sekerak

Dandim 0104/Atim dan Kepala Dinas Pertanian , Perkebunan dan Perikanan beserta kelompok tani lakukan tanam padi perdana bersama di Aceh Tamiang, Rabu 3/1 (dok. KM)
Dandim 0104/Atim dan Kepala Dinas Pertanian , Perkebunan dan Perikanan beserta kelompok tani lakukan tanam padi perdana bersama di Aceh Tamiang, Rabu 3/1 (dok. KM)

ACEH TAMIANG (KM) – Dandim Satuan TNI AD Jajaran Kodim  0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, ikut dalam tanam padi perdana di Desa Sekumur, Kecamatan Sekerak, Aceh Tamiang, Rabu (3/1/2018).

Penanaman padi perdana tersebut di lahan seluas 21,1 hektare itu merupakan lahan baru yang digarap sesuai dengan Program Luas Tambah Tanam (LTT) hasil kerjasama pihak jajaran Kodim 0104/Atim dengan Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang yang saat ini dikepalai oleh Syafuan.

Selain itu, saat menyerahkan lahan sawah baru ke kelompok tani (Poktan) Sejahtera Tani, Dandim mengingatkan “agar merawat dan memanfaatkan lahan baru ini dengan maksimal, manfaatkan penyuluh pertanian yang telah ditunjuk Distan Atam untuk mengatasi kendala yang dihadapi agar hasil panen betul-betul dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani,” tuturnya.

“Cetak sawah ini merupakan program pemerintah dalam menjaga dan meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional, untuk itu Poktan harus memeliharanya dengan baik dan tidak mengalih fungsikan ke tanaman lain,” tambah Dandim.

Di kesempatan yang sama juga disampaikan Kadistanbuk dan peternakan Aceh Tamiang Syafuan, “Masyaraka Sekumur yang sebelumnya tidak memiliki sawah kini sudah mempunyai lahan untuk digarap menanam padi. Pemda Aceh Tamiang akan memprioritaskan Alat Mesin Tani (Alsintan), pupuk dan bibit untuk membantu petani dalam meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional,” ucapnya.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran Kodim 0104/Aceh Timur atas kerja nyata pada Program Cetak Sawah di Desa Sekumur yang telah rampung 100% meski dengan anggaran yang sangat minim,” tambahnya.

Di samping itu, acara ditandai dengan penanaman padi bersama perdana oleh Dandim, Kadistanbuk dan Peternakan Aceh Tamiang serta Poktan Sejahtera Tani.

Reporter: Andi KM
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*