Putra Giri Harja 3 Gelar Seni Pertunjukan Wayang Golek

Pertunjukan seni wayang golek di Kp. Cikaung, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Rabu 27/12 (dok. KM)
Pertunjukan seni wayang golek di Kp. Cikaung, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Rabu 27/12 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Lingkung Seni Putra Giri Harja 3 (PGH3) kembali menggelar pertunjukan wayang golek yang dibawakan oleh dalang H. Dadan Sunandar Sunarya di Kampung Cikaung, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Rabu (27/12/2017) malam.

Menurut ketua umum paguyuban Pecinta Wayang Golek (PWG) Bogor Raya Andy Djava, seni wayang golek bukan sekedar hiburan, tetapi memupuk “rasa cinta yang dalam” dan menumbuhkan rasa bangga terhadap kesenian khas daerah.

Apalagi wayang golek merupakan aset seni budaya daerah yang wajib dilestarikan, menjaga, dan merawatnya. “Wayang golek, salah satu khas yang membuat Jawa Barat dikenal di segala penjuru nusantara bahkan hingga dunia,” katanya.

Tidak hanya untuk melestarikan, tapi seni budaya menjadi sarana edukasi efektif, untuk meresapi setiap nilai dan karakter asli bangsa kita.

“Budaya sebagai jati diri bangsa. Kalau bukan kita, siapa lagi,” ujarnya.

Menonton pertunjukan wayang golek selain ikut melestarikan budaya bangsa bisa dijadikan sarana untuk mempersatukan warga.

Cerita wayang golek yang mengisahkan kehidupan para tokoh pewayangan tidak lepas dari kondisi bangsa yang perlu direnungkan oleh semua elemen, melalui filosofi yang terkandung dalam kisah pewayangan tersebut.

“Ada nilai yang terkandung di dalam kisah pewayangan dan nilai itu haruslah menjadi pelajaran bagi para pemimpin bangsa untuk mengamalkan nilai luhur budaya bangsa,” jelasnya.

Pertunjukan wayang golek memang tak lepas dari unsur budaya dan tradisi warga yang telah lama ada di tanah Sunda sehingga tak pelak lagi pertunjukan ini banyak diminati oleh warga terutama di Jawa Barat.

“Saat ini kondisi kehidupan sosial banyak yang melupakan sejarah maupun budaya, mereka sibuk dengan gadget dan jarang sekali berkumpul, melalui kisah wayang golek banyak yang membuat kita sadar akan pentingnya kerukunan, dengan melestarikan dan nonton bareng, bisa saling menjaga kerukunan,” ucapnya.

Selain budaya, lanjut dia, “yang patut kita lestarikan wayang golek memiliki filosofi yang perlu ditanamkan dan diamalkan dalam sendi kehidupan baik dalam bermasyarakat maupun bernegara yang berdasarkan pancasila saling menghargai keberagaman, melalui kebersamaan.”

“Paguyuban Pecinta Wayang Golek ‘PWG’ Bogor Raya mengajak kepada khalayak untuk melestarikan budaya sebagai jati diri bangsa,” tutupnya.

Reporter: M egy
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*