Pasukan Raider 111 Unjuk Aksi Bebaskan Pejabat Aceh Tamiang dari Sekapan Sekelompok Pemberontak

(dok. KM)
(dok. KM)

ACEH TAMIANG (KM) – Satuan TNI AD jajaran Batalyon 111 Raider Khusus/Kharma Bakti melaksanakan Latihan Pembebasan Sandera yang dilakukan sekumpulan pemberontak. Latihan tersebut berlangsung di kantor Bupati Aceh Tamiang, Kamis (30/11/2017).

Dalam pelaksanaan latihan tersebut, terlihat seorang pejabat pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang menjadi korban penyanderaan yang dilakukan oleh sekelompok pemberontak. Dalam skenario ini, para pelaku penculikan menyekap pejabat daerah itu dengan maksud agar keluaraga korban segera menebus dengan menyerahkan uang tunai kepada pelaku, jika korban ingin selamat.

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan latihan tersebut yang terus diikuti oleh pihak wartawan, belum sempat keluarga korban menyerahkan uang tunai sebagai tebusan  kepada pelaku, terlihat Pasukan gabungan Tim Bravo Batalyon Raider Khusus 111/Karma Bhakti dengan cepat, senyap, dan tepat sasaran, dalam waktu tidak lebih dari tiga menit, berhasil melumpuhkan para pelaku pemberontak dan berhasil membebaskan pejabat daerah yang menjadi korban penculikan dengan selamat.

Disamping itu, Komandan Batalyon (Danyon) Raider Khusus 111/Karma Bhakti Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis saat dikonfirmasi oleh pihak wartwan mengatakanbahwa pembebasan tawanan tersebut dalam rangka kegiatan latihan simulasi pemantapan Raider. “Latihan simulasi ini pun dengan tujuan agar para prajurit TNI Batalyon Raider Khusus 111/Karma Bhakti, Tualang Cut, Kecamatan Manyak Payed, untuk meningkatkan kemampuan tempur apabila menghadapi tantangan tugas operasi sungguhan kedepan yang bersifat khusus,” ungkap Danyon.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono melalui Kepala Staf Korem (Kasrem) 011/Lilawangsa Letkol Inf Shofanudin menyebutkan, Batalyon Raider 111/Karma Bhakti jajaran Korem 011/Lilawangsa selain merupakan satuan khusus, kemampuan tempurnya diatas kemampuan satuan infanteri biasa.

“Oleh karena itu, Korem 011/Lilawangsa terus melakukan program-program latihan yang telah dijadwalkan, guna untuk mengasah kemampuan dan taktik tempur yang telah dimiliki para prajurit Raider khusus 111/Karma Bhakti, dengan harapan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, satuan Raider khusus sudah siap. Siap kapan saja untuk digerakkan,“ pungkas Kasrem.

Pada kesempatan yang sama, Razuardi selaku Sekda Kabupaten Aceh Tamiang mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi tim bravo Raider Khusus 111/Karma Bhakti, dalam melakukan latihan simulasi pembebasan tawanan secara cepat.

“Saya sangat mengapresiasi kehebatan para prajurit Raider saat melakukan pembebasan tawanan, sangat cepat, hampir saja saya tidak mengetahuinya. Karena saya bersama pak Kasrem dan Pak Danyon masih berbincang-bincang, dan tiba-tiba dengan sigap dan cepat para prajurit itu melakukannya,” ungkap Sekda.

Aksi latihan simulasi tersebut, mengundang perhatian warga masyarakat setempat maupun para pengguna jalan saat melintasi di depan Kantor Bupati Aceh Tamiang, jalan Medan-Banda, dan turut disaksikan antara lain Kasrem 011/LW Letkol Inf Shofanudin, Danyon Raider Khusus 111/KB Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, dan Sekda Kabupatan Aceh Tamiang Razuardi saat menyaksikan latihan dari halaman kantor.

Reporter: Andi KM
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*