Panwaslu Aceh Utara Ajak Media untuk Turut Awasi Pemilu 2019

Ketua Panwaslu Aceh Utara, Yusriadi didampingi Muhammad Furqan dan T Yuherli, Korbid Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, di kantor Panwaslu  Lhoksukon Aceh Utara, Jumat 22/12 (dok. Raz/KM)
Ketua Panwaslu Aceh Utara, Yusriadi didampingi Muhammad Furqan dan T Yuherli, Korbid Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, di kantor Panwaslu  Lhoksukon Aceh Utara, Jumat 22/12 (dok. Raz/KM)

ACEH UTARA (KM) – Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 mengamanatkan bahwa Tugas pertama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) adalah untuk mencegah semua jenis pelanggaran dan kecurangan demi terciptanya Pemilu jujur adil dan damai di saat proses Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung di 2019.

Untuk membantu memenuhi tugas tersebut, Panwaslu Kabupaten Aceh Utara meminta kepada kalangan wartawan agar bersama-sama mensukseskan Pemilu 2019. Hal tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Aceh Utara, Yusriadi dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, di kantor Panwaslu, tepatnya di Gampong Kuta Lhoksukon Aceh Utara, Jumat 22 Desember 2017.

Panwaslu Aceh Utara menyebutkan untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahun sekali, peran media terhadap Pemilu “sangat penting”.

“Acara ini kita gelar untuk mencari masukan dan sharing pendapat dengan rekan-rekan wartawan untuk mengantisipasi kecurangan atau pelanggaran dalam hal Pemilu 2019 kedepan. Dalam UU 7 tahun 2017, tugas pertama kami (Panwaslu) adalah mencegah. Artinya, mencegah semua jenis pelanggaran dan kemungkaran yang terjadi selama proses Pemilu akan datang,”  ujar Yusriadi di hadapan sejumlah wartawan.

Peran media sangatlah penting, media  menjadi pemberi informasi kepada publik dan juga menyampaikan informasi kepada Panwaslu, Media juga akan menjadi perpanjangan tangan bagi Panwaslu untuk masyarakat, kata Yusriadi.

“Panwaslu sangat menginginkan pihak media massa bisa membantu menyukseskan pemilu 2019. Kita sangat menginginkan media memberikan informasi kepada semua kalangan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tentunya akan berefek kepada hal yang tidak baik,” katanya 

“Kami juga berterima kasih kepada  rekan-rekan media yang sudah sudah memenuhi undangan kami,” tutur Yusriadi yang turut didampingi Muhammad Furqan dan T Yuherli, Korbid Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Aceh Utara.

“Panwaslu sebelumnya juga sudah pernah berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama guna mencegah atau merubah karakter terhadap orang-orang yang ingi melakukan kecurangan dan kemungkaran,” tuturnya.

Dalam Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 kemarin, pihak wartawan dan Panwaslu saling memberikan masukan dan tanya jawab.  

Kegiatan tersebut ikut dihadiri pengurus Panwaslu Kabupaten Aceh Utara dan wartawan dari PWI, PWA, dan AJI.

Di pertemuan tersebut sejumlah wartawan dari berbagai media juga tampak akrab dan turut memberikan serangkaian solusi dan saran dalam menghadapi tahapan-tahapan Pemilu 2019. Panwaslu juga turut mencatat atas ide-ide dan saran yang disampaikan para wartawan.

Reporter: Raz
Editor: HJA 

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*