Muspika Darul Imarah Perkenalkan Inovasi Pertanian dengan Sistem “Tabela” 

ACEH BESAR (KM) –  Perkenalan Sistem tanam benih yang dilaksanakan oleh Muspika Darul Imarah yang bekerjasama dengan Pogram Inovasi Desa (PID) beserta kelompok tani di Gampong Ulee Tuy di persawahan Gampong Ulee Tuy, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar (23/12/2017), dihadiri oleh camat Darul Imarah,  H. Hasanuddin, Kapolsek Darul Imarah AKP Agus Supriadi, Danramil Kapten Suwardi dan beberapa masyarakat Gampong Ulee Tuy.

Perintis sistem tersebut di Gampong Ulee Tuy ialah Hasbi Razali, yang juga ketua KTNA Kecamatan Darul Imarah. Inovasi ini mungkin baru pertama kali diterapkan di kawasan Aceh Besar, bahkan di Aceh, jadi diharapkan kesuksesan dari inovasi ini dapat diterapkan oleh petani-petani di seluruh Aceh. 

Adapun ide inovasi ini berasal dari peserta KTNA yang diselenggarakan di Banda Aceh dulu yang berasal dari Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Dalam hal ini Hasbi Razali menyatakan bahwa sistem tabela ini ialah inovasi baru di bidang pertanian dimana sistem ini ialah sistem tanam benih langsung, “dimana masyarakat biasanya menggunakan sistem pindah tanam, kita terlebih dahulu menabur benih usia sekitaran 2 minggu misalnya dan akan dipindahkan benih tersebut ke lahan tersebut yang akan ditanami,” ungkapnya.

“Manfaat dari tabela ini kita tidak banyak menggunakan tenaga kembali untuk cabut benih dan tanam, kita pergunakan langsung hari itu kita tanam, hari itu kita tabur benih, kemudian sistem tabela ini juga hemat benih hampir dari setengah daripada biasanya dan di samping itu juga hemat air bila musim kemarau berkepanjangan kita tidak takut lagi karena sistem tabela ini tidak banyak membutuhkan air dan akarnya juga jauh ke bawah,” ucapnya.

“Dalam hal ini kita mengajak masyarakat untuk menggunakan sistem tabela ini agar bisa menghemat biaya tanam dan air di saat musim kemarau tiba,” tutupnya.

Reporter : rahmat kurniawan/RED
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*