Menko Perekonomian Dorong Alumni IPB untuk Bantu Masyarakat Kembangkan Pertanian Indonesia 

Menko Perekonomian Darmin Nasution (kiri) saat menghadiri Munas ke-V HA-IPB (dok. KM)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (kiri) saat menghadiri Munas ke-V HA-IPB (dok. KM)

KOTA BOGOR (KM) – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB), menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-V di IPB International Convention Center (IICC), Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu 16/12/2017.
Acara tersebut dihadiri ratusan pengurus HA-IPB dan sejumlah pejabat daerah, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution yang hadir di tengah-tengah tamu undangan.

Pada kesempatan itu, Menteri Darmin menyampaikan sekaligus berpesan kepada peserta HA-IPB untuk bisa bersinergi dengan pemerintah dan membuat kelompok untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan pertanian yang ada di Indonesia.

“Itu perlu adanya pengetahuan yang spesifik, sehingga kita harapkan teman-teman di IPB bukan hanya bekerja di perusahaan, tapi juga membuat kelompok untuk membantu masyarakat tentang pendampingan, konsultan apapun namanya. Jadi, banyak yang harus dilakukan,” pesan Darmin untuk peserta, terutama para paslon Ketum dan Sekjen DPP HA-IPB.

Saat ini, kata Darmin, pihaknya tengah mengusahakan ada perbaikan di bidang pertanian. “Tadi saya coba menyederhanakannya dengan terminologi transformasi, tapi tidak transformasi merubah itu menjadi kegiatan lain, tapi menjadi lebih baik dalam arti pertaniannya,” ucapnya.

Selain itu, produktifitasnya harus lebih baik dan lebih dikombinasi karena ada klaster, sehingga perlu orang-orang terdidik. “Sekarang saja kita sudah merasakan begitu lemahnya pertanian, jadi perlu pendampingan. Ini tidak bisa begitu saja, karena ada hal-hal baru yang masyarakat sendiri belum mengetahuinya, apalagi kalau tanamannya baru. Kita itu tanamannya terlalu terbatas untuk luas tanahnya, separuh dari itu saja sebenarnya sudah cukup hasil perkebunan dan pertaniannya, berarti yang separuh lagi mestinya ditanami yang lain lagi, apa saja itu, masih banyak,” terangnya.

Sementara Ketua HA-IPB, Bambang Hendroyono mengatakan bahwa Munas V HA-IPB bertajuk “Alumni IPB berhimpun kuat, pertanian Indonesia berdaulat”. Untuk itu, rangkaian Munas V HA-IPB mengundang Menko Perekonomian.

“Kita hadirkan Menko Perekonomian untuk berdialog serta merumuskan peran alumni IPB dalam pertanian yang berdaulat guna memajukan perekonomian bangsa,” ujarnya.

Hingga kini Munas ke V HA-IPB masih berlangsung dan rencananya dilaksanakan selama 2 hari (16-17/12/2017).

Reporter: Dody
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*