KUPAS INVESTIGASI: Proyek Betonisasi Jalan di Dramaga Dikerjakan Asal-asalan

BOGOR (KM) – Pekerjaan infrastruktur jalan di Kabupaten Bogor masih belum sesuai harapan. Sejumlah kegiatan peningkatan jalan dalam bentuk betonisasi diketahui masih dinilai berkualitas jelek.

Salah satu pekerjaan yang diduga tidak memenuhi spesisifikasi teknis adalah pekerjaan di Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga. Pekerjaan yang dibiayai dari dana APBD 2017 ini dinilai tidak sesuai dengan RAB semestinya.

Dari penelusuran kupasmerdeka.com, pekerjaan jalan di Dramaga ini anggarannya cukup besar, pagunya sampai Rp.2.352.000.000, yang ditenderkan oleh CV. Ciampea Jaya. Namun pekerjaannya seperti main-main. Bahkan saat pengecoran pun tidak dipakai besi penguat beton.

Pekerjaan betonisasi di ruas tersebut banyak yang dikerjakan dengan asal-asalan. Misalnya, pada permukaan sebelum dibeton tidak dilakukan pemadatan permukaan, tapi langsung ditimbun dengan beton, sehingga kondisi di bawahnya diperkirakan mengurangi kekuatan betonnya.

Selain itu, proses pengeringan juga tidak maksimal. Hasil coran tidak disiram namun langsung digelar sehingga mengurangi mutu dan kualitas pekerjaan.

Warga setempat pun menyebutkan bahwa pekerjaan ini “tidak jelas”. 

“Bisa saya bilang molor. Karena sampai saat ini pekekerjaan belum beres-beres. Sekalinya akan dikerjakan pada gak jelas gitu. Ketika molen datang yang kerja pada ga ada, telat waktu. Pokoknya saya minta sama pimpinan daerah terutama bupati bisa tanggapi masalah ini,” singkat warga yang enggan disebutkan namanya itu kepada kupasmerdeka.com. 

*RED

Leave a comment

Your email address will not be published.


*