Kelompok Aktivis Sepakat Kawal Verifikasi Faktual Dukungan Calon Independen di Pilbup Bogor

Foto setelah rapat tim independen pengawal verifikasi aktual (dok. KM) Foto setelah rapat tim independen pengawal verifikasi aktual (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sejumlah aktivis pemuda dari Bogor melakukan pertemuan Senin malam (4/12) di Kampung Cilengkong RW 06 Pamijahan, untuk membahas persoalan seputar Pilkada yang akan digelar tahun depan di Kabupaten Bogor. Mereka sepakat mengawal berlangsungnya proses menuju penetapan para calon bupati dan wakil bupati Bogor, termasuk dari jalur independen, yang saat ini sudah menyerahkan data suara dukungan mereka ke KPUD Kabupaten Bogor.

Sudah ada tiga calon dari jalur independen yang mendaftarkan diri dan membawa berkas surat suara dukungan sebagai syarat untuk maju jadi calon bupati dan wakil bupati.

Koordinator tim independen pengawal verifikasi faktual Rahmat Syamsul Anwar mengatakan bahwa pihaknya berinisiatif untuk sepakat mengawal proses verifikasi faktual yang saat ini oleh KPUD Bogor diterima dari calon independen dan diserahkan kepada PPK di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

“Kami melihat hal ini sangat rawan terjadinya permainan-permainan demi memuluskan proses verifikasi faktual di setiap Kecamatan. Jadi dalam hal ini kami akan kawal, terutama PPS yang melakukan verifikasi faktual agar bekerja dengan sangat profesional sampai benar-benar berjalan sesuai aturan yang tertuang dalam UU No 10 Tahun 2016 dan PKPU No 15. Jangan sampai ada oknum yang tidak bertanggung jawab mencederai penyelenggaraan dan demokrasi,” sambungnya.

“Selain daripada itu tim kami akan turun ke lapangan membuktikan apakah bukti suara itu benar atau tidak orangnya mendukung calon daripada independen tersebut. Jadi kami tim independen pengawal verifikasi faktual berkomitmen mengawal sampai tuntas agar tidak ada kecurangan dalam penyelenggaran ini,” tutupnya.

Reporter: Iwan
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*