Demi Urai Kemacetan, “Kawasan Cipta Lancar” Digelar di 8 Ruas Jalan Utama di Jakarta Barat

Ujicoba Kawasan Cipta Lancar di Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa 5/12 (dok. KM)
Ujicoba Kawasan Cipta Lancar di Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa 5/12 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Walikota Jakarta Barat Anas Efendi memimpin apel kegiatan Kawasan Cipta Lancar di delapan ruas jalan, Selasa (05/12/2017).

Apel kegiatan kawasan Cipta Lancar digelar di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Turut hadir Wakadishub DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, Kasudinhub Jakbar Anggiat Banjarnahor dan para pejabat terkait lainya.

Walikota Jakarta Barat dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan kawasan Cipta Lancar yang digelar di delapan ruas jalanan merupakan pilot project atau percontohan.

“Kita lihat hasilnya. Kedepannya, akan dikembangkan di sejumlah ruas jalan lainnya tersebar di delapan Kecamatan yang selama ini kerap terjadi kemacetan,” ujar Anas Efendi.

Ia mengatakan, pihaknya juga selama ini telah gencar menggelar operasi Bulan Tertib Trotoar (BTT) sejak beberapa bulan lalu, yang hasilnya nyata dirasakan oleh warga Jakarta Barat

“Begitu pula kegiatan kawasan Cipta Lancar ini digelar bertujuan memberikan kesadaran kepada warga agar tertib saat berlalu lintas di jalan raya,” ujarnya.

Anas Efendi mengungkapkan, Pemkot Jakarta Barat akan mengevaluasi hasil pelaksanaan kawasan Cipta Lancar di delapan ruas jalan yang digelar hari ini hingga beberapa hari ke depan.

“Bisa saja kawasan Cipta Lancar digelar di ruas jalan lainnya yang dinilai kerap terjadi kemacetan arus lalu lintas,” ungkap Anas.

Dari informasi yang dihimpun, kawasan Cipta Lancar akan digelar di delapan ruas jalan se-Jakarta Barat, yakni Jalan Daan Mogot, seberang Terminal Kalideres; Jalan Kamal Raya atau perempatan Cengkareng, Jalan Pesanggrahan, Kecamatan Kembangan, Jalan S Parman sepanjang Mal Taman Anggrek hingga Citraland, Kecamatan Grogol Petamburan, Jalan Raya Latumenten atau persisnya di sekitar Mal Seasons City, Kecamatan Tambora, Jalan Jembatan Baru atau persisnya di sekitar Stasiun Kereta Api Jakarta Kota, Kecamatan Taman Sari, Jalan Raya Perjuangan, Kecamatan Kebon Jeruk dan di depan Pasar Slipi, Kecamatan Palmerah.

Di titik-titik tersebut diletakkan rambu portable yang bertuliskan “Kawasan Cipta Lancar”, Traffic Cone hingga petugas yang berjaga dan mengatur lalulintas.

Sementara Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko di dampingi Anggiat Banjar Nahor Kasudinhub Jakbar memberikan apresiasi atas kegiatan kawasan Cipta Lancar.

“Di harapkan dengan di gelarnya kawasan Cipta Lancar di Jakarta Barat ini, akan semakin memastikan kondisi ruas jalan yang lebih baik lagi. Kemacetan yang kerap terjadi di delapan lokasi bisa di urai. Kami siap mendukung sepenuhnya dan jika ini bagus akan di perluas,” tandasnya.

Reporter: Is
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*