3rd Islamic Book Fair Universitas Indonesia Bisa Jadi Alternatif Pengisi Liburan Semester Anak Sekolah

JAKARTA (KM) – Universitas Indonesia kembali menghelat kegiatan pameran buku-buku Islam di Balairung Universitas Indonesia. Kegiatan ini adalah yang ketiga kalinya digelar dan diikuti lebih dari 50 stand. Dalam event Book Fair tahun ini, Panitia mengusung tema “Persatuan Umat Dalam Sampul Keberagaman Indonesia”, yang diadakan selama 4 hari mulai tanggal 27-30 Desember 2017.
Antusiasme terlihat dari banyaknya pengunjung di hari pertama pelaksanaan Islamic Book Fair ini. Hal ini didorong karena panitia mengadakan acara yang menarik yang digelar di panggung utama yaitu seminar Islam, bedah buku, serta perlombaan yang bisa diikuti oleh siswa-siswi tingkat TK, SD, SMP, SMA, kuliah, dan umum. Selain itu, terdapat juga cek kesehatan gratis, konsultasi gizi, bazar fashion, juga 56 stand bazar makanan-minuman dan handy craft.

Ketua Panitia dalam sambutan pembukaannya menyampaikan harapan semoga dengan digelarnya pameran buku Islam ini akan ada peningkatan minat baca.

“Mudah-mudahan dapat lebih meningkatkan lagi minat baca para pengunjung khususnya bagi generasi-generasi muda Islam,” ujar Biran yang mewakili ketua panitia dalam sambutannya.

Rektor Universitas Indonesia yang diwakili oleh Arman Nefi juga menyampaikan sambutannya terkait tema kegiatan ini. “Bacaan utama bagi umat Islam setiap harinya adalah Al Quran,” ujar Manajer Kemahasiswaan Universitas Indonesia ini dalam sambutan menjelang diresmikannya pembukaan acara.

“Setidaknya pagi dan sore jangan sampai lupa untuk membaca dan mengkaji Al Quran karena dari situlah jawaban dari segala persoalan hidup yang ada,” nasehatnya dihadapan para pengunjung.

Rangkaian acara pada Islamic Book Fair Universitas Indonesia 2017 (dok. KM)

Rangkaian acara pada Islamic Book Fair Universitas Indonesia 2017 (dok. KM)

Adapun rangkaian acara yang digelar selama 4 hari adalah:
1. Rabu, 27 Desember 2017*
• Keynote speech (09.00-12.00 WIB): “Budaya Literasi bagi Generasi Muda” – Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met (Rektor Universitas Indonesia) – Dr. Abdul Muta’ali, MA., M.I.P (Direktur Kajian Timur Tengah dan Islam, Pengamat Politik Islam, Ketua Masjid UI)
• Seminar (13.00-15.00 WIB): “Tauhid sebagai Pondasi Utama Beragama” – Dr. Eng. Yunus Daud, M.Sc. (Dosen Fisika UI, Founder PT. New Quest Geotechnology), – Syakir Daulay (Aktor dan hafidz Qur’an)
• Bedah Buku (15.00-18.00 WIB): “Hijrah Bang Tato” bersama Fahd Pahdepie • Lomba (07.30 WIB-selesai): Mewarnai Kaligrafi dan Story Telling
• Penampilan (17.30-17.45 WIB): Perkusi Komunitas BKST (Bengkel Kreasi Seni Teknik) Fakultas Teknik UI

2. Kamis, 28 Desember 2017
• Seminar (09.00-12.00 WIB): “Al Qur’an dan Hadist sebagai Pondasi Beragama” – Ustadz Firmansyah (Orangtua M.Alvin Hafidz Cilik Indonesia), – M. Alvin Firmansyah (Peserta Hafidz Cilik Indonesia) – Saihul Basyir (Anggota keluarga bintang Al Qur’an)
• Seminar (13.00-15.00 WIB): “Parenting Literasi Media Anak dan Kesehatan” by Percil Percilku -Yons Achmad (Pengamat media, Founder KanetIndonesia.com)
• Bedah Buku (15.00-18.00 WIB): “Islah Cinta” bersama Dini Fitria • Penampilan (17.30-17.45 WIB): IMAMI UI (Ikatan Mahasiswa Minang UI) + Band Cilik SDN Mampang 3 Depok

3. Jumat, 29 Desember 2017
• Seminar (09.00-12.00 WIB): “Leadership Rasulullah SAW dan Sahabat” – Iqbal Hariadi Putra (Head of Crowdfunding Kitabisa.com), – Miftah Sabri (Founder Selasar.com) – Andreas Senjaya (CEO i Grow)
• Bedah Buku (15.00-18.00 WIB): “Harmoni Semesta” bersama Meyda Sefira dan Lutfiah Hayati
• Lomba : Islamic Accapela

4. Sabtu, 30 Desember 2017
• Seminar (09.00-12.00 WIB): “Toleransi Beragama dalam Penggunaan Media Sosial dan Teknologi” – Ustadz Abu Takeru (Pembina dan Penasihat Paradisean Youth), – Akmal Sjafril (Penulis dan Founder Sekolah Pemikiran Islam)
• Bedah Buku (12.00-15.00 WIB): “Ternyata Surga Itu Dekat” bersama Ustadz Hilman Fauzi • Lomba (11.00-11.50 WIB): Final Islamic Accapela dan Pembacaan Puisi
• Konsel Amal (15.30-17.30 WIB) bekerja sama dengan KNRP menghadirkan: – The Jenggot – Izzatul Islam

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*