Warga Minta Jangan Sampai Ada Sumur Bor di PT. Tirta Alkalindo

(dok. KM)

BOGOR (KM) – Warga Desa Warung Menteng meminta PT. Tirta Alkalindo yang berlokasi di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk agar tidak membuat sumur bor dalam kegiatan produksinya. Permintaan tersebut sebagaimana usulan sejumlah RT, RW dan tokoh masyarakat Desa Warung Menteng saat mengikuti kegiatan Sosialisasi Lokasi Pabrik Tirta Alkalido Jum’at (3/11/2017).

“Dalam pertemuan ini kami mewakili warga meminta kepada pihak perusahan yang bergerak di bidang usaha air ini agar tidak melakukan pengeboran tanah hanya untuk mendapatkan air, karena itu akan membawa dampak bagi masyarakat khususnya yang ada di wilayah Pemerintahan Desa Warung Menteng,” Kata Ketua RW 09 Andi.

Ia berharap agar kedepannya nanti pihak perusahaan memprioritaskan tenaga kerja dari warga setempat, termasuk ikut berpartisipasi sesuai dengan Surat Perjanjian yang telah diberikan dan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Terkait perizinan, Kepala Desa Warung Menteng Maman Patuloh mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan Izin Lingkungan yang sudah dilaksanakan sejak bulan Februari 2017 lalu. Namun, untuk kelengkapan mendapatkan IPPT, pihak perusahaan harus memiliki ijin sosialisasi yang sebelumnya belum dilaksanakan.

“Makanya hari ini kami melaksanakan sosialisasi lokasi untuk menjelaskan bahwa perusahaan ini benar akan membangun pabrik diwilayah kampung Maseng Desa Warung Menteng,” ungkapnya.

Sementara mengenai penggunaan air yang akan diproduksi oleh perusahaan, pihak Desa dan warga tidak akan mengizinkan pengambilan air bawah tanah menggunakan sumur bor, tapi menganjurkan agar mengambil dari mata air yang ada.

“Kalau memang ada sumur bor berarti saya bersama warga akan memberhentikannya langsung. Adapun nantinya ada dampak kekeringan, itu sebagai bentuk CSR dari perusahaan yang memang harus dipatuhi sesuai perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Reporter: M egy
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*