Warga Disabilitas Binaan Dinsos DKI Jadi Juara di Ajang Jambore TIK Kemkominfo

Ivo Shadan (19), warga disabilitas yang menjadi juara Photoshop & Public Speaking pada Jambore TIK, 10/11 (dok. KM) Ivo Shadan (19), warga disabilitas yang menjadi juara Photoshop & Public Speaking pada Jambore TIK, 10/11 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Disabilitas tidak menjadi penghalang untuk terus berprestasi. Perjuangan tanpa henti untuk bisa unggul diperlihatkan oleh Ivo Shadan (19), salah satu warga binaan Panti Sosial Bina Daksa Budi Bhakti Pondok Bambu milik Dinas Sosial DKI Jakarta.

Ia mengaku, hasil yang ia dapatkan berasal dari latihan secara terus-menerus meski kerap gagal. Belajar dari kegagalan menjadi kunci bagi dirinya untuk tetap berkarya dan berprestasi.

Sudah beberapa kali ia mengikuti kejuaraan teknologi. Namun, pada kali ini, di Jambore Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) 2017 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ivo berhasil menyabet juara.

“Alhamdulillah saya mendapatkan Juara 2 untuk Kategori Individu Photoshop dan Public Speaking. Juara 3 untuk Kategori Individu Cerpen Interaktif,”  ujar Ivo saat dihubungi pada Minggu (12/11/2017).

Ia melanjutkan, Jambore TIK ini merupakan lomba tingkat regional pulau Jawa. Jadi seluruh Provinsi di pulau Jawa mengikuti lomba tersebut.

“Ada 100 peserta remaja dan dewasa disabilitas yang berasal dari berbagai provinsi di pulau Jawa. Lomba itu diadakan di Yogyakarta 7-10 November 2017 lalu,” terang Ivo.

Sementara itu, Kepala Panti Sosial Bina Daksa Budi Bhakti, Prayitno mengemukakan, selama menjadi warga binaan, Ivo merupakan anak yang tekun dan rajin.

“Kami berupaya menyalurkan potensi-potensi yang ia miliki. Tidak cuma Ivo, tapi semua warga binaan yang ada di panti kami fasilitasi,” ungkap Prayitno.

Ia berharap, torehan prestasi ini dapat memotivasi warga disabilitas lainya untuk berprestasi. Tidak mengasihani diri sendiri dan bisa berkarya dan hidup mandiri.

Reporter: Is
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*