Siapa TGKH Zainudin Abdul Madjid, Tokoh Lombok yang Diangkat Menjadi Pahlawan Nasional?

TGKH Zainudin Abdul Madjid, tokoh asal NTB yang diangkat menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo, Kamis 9/11/2017 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Tokoh asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Almarhum TGKH. Muhammad Zainudin Abdul Madjid dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo dalam penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/11/2017).
Adapun TGKH. Muhammad Zainudin Abdul Madjid dikenal luas oleh masyarakat NTB sebagai seorang ulama karismatis yang lahir di Lombok Timur 5 Agustus 1898 dan wafat pada 21 Oktober 1997.  Ia merupakan pendiri Nahdlatul Wathan, organisasi masyarakat Islam terbesar di Lombok.

Semasa hidupnya, ayahanda dari Gubernur NTB Zainul Majdi ini mendirikan banyak pesantren, madrasah dan lembaga pendidikan dalam bentuk sekolah tinggi maupun institut. Beberapa di antaranya adalah pesantren al-Mujahidin, Madrasah NWDI, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Hamzanwadi, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Hamzanwadi, Madrasah Aliyah Keagamaan putra-putri, dan Institut Agama Islam Hamzanwadi. Karena perannya dalam membina, membimbing dan mengayomi umat Islam, ia diberi gelar “Tuan Guru”. Gelar ini setara dengan gelar “Kyai” di Jawa.

Reporter: Gumilar
Editor: HJA

1 Comment

  1. Infonya keren. Izin save foto. Makasih.

1 Trackback / Pingback

  1. KUPAS KOLOM: NU, NW dan Jokowi – Kesamaan Nilai Dalam Menjaga Keutuhan NKRI) – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*