PHK 146 Karyawan Tanpa Pesangon, Ratusan Buruh Geruduk PT Liebra Permana

(dok. KM) (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sebanyak 146 pekerja PT. Liebra Permana di PHK dan gaji selama 3 bulan juga tidak dibayar oleh pihak perusahaan. Hal tersebut membuat ratusan pekerja bersama serikat buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung perusahaan yang berlokasi di Jalan Cagak Raya, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, membuat aktivitas lalu lintas mengalami kemacetan cukup parah, Kamis (9/11/2017).

Ratusan buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) bersama dua serikat lainnya bergabung dalam aksi solidaritas terhadap 146 buruh pabrik PT. Liebra Permana yang di PHK secara sepihak tanpa pesangon dan belum di gaji selama tiga sampai lima bulan.

Sekretaris DPD SPN (Serikat Pekerja Nasional) Jabar, Dadan Sudiana, kepada wartawan mengatakan di lokasi, aksi yang serikat buruh lakukan adalah dalam bentuk “solidaritas” antar sesama pekerja buruh, yang diperlakukan “semena-mena” oleh pihak perusahaan.

“Sebanyak 146 pekerja PT. LP di PHK secara sepihak tanpa pesangon hingga tiga sampai lima bulan gaji pun belum dibayar oleh perusahaan,” beber Deden.

Pihak serikat buruh yang membantu rekan pekerja PT. LP menuntut pihak perusahaan agar membayar pesangon seluruh pekerjanya yang di PHK. “Pihak perusahaan dalam menelantarkan pekerjanya beralasan pekerja yang di PHK tersebut karena tak mau dipindahkan ke daerah Wonogiri,” ucap Deden.

Belum lagi, menurut Deden, tidak segampang itu pihak perusahaan memindahkan pekerjanya untuk ke luar daerah yang sangat jauh dari Bogor. “Itu hanya alasan pihak perusahaan saja, karena memang PT. Liebra Permana sengaja ingin melakukan PHK,” terangnya.

Sekitar 10 perwakilan serikat pada pukul 11:00 siang, masuk ke dalam pabrik untuk melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan. Namun selang sejam lamanya, negosiasi tersebut gagal.

Dan para serikat buruh tetap melakukan aksinya akibat negosiasi yang gagal antara perwakilan serikat buruh dengan pihak perusahaan.

Reporter: Yudhi/ RED
Editor: HJA 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*