KUPAS KOLOM: GEMAKU Kecam Ungkapan Rasis Pilot Garuda Indonesia

Kris Tan (dok. KM)
Kris Tan (dok. KM)

Oleh: Kris Tan, MA*

Menyikapi video pernyataan pilot Garuda GA8510-SIN-DTB, kami Pengurus Pusat Generasi Muda Khonghucu Indonesia (GEMAKU) mengecam dengan keras kata-kata seorang pilot yang profesional dan kawakan yang merupakan representasi dari sebuah Maskapai BUMN yang notabene milik pemerintah Indonesia yaitu Garuda Indonesia. Dimana sang pilot meminta petugas Beacukai untuk justru mengerjai pilot maskapai lain dari Indonesia dengan menuduh mereka pakai kalimat “Cina-Cina itu aja kerjain”.

Garuda sudah minta maaf menurut berita terhadap kelalaian pilotnya dan akan menindak tegas dengan sanksi. Pertanyaanya, sanksi apa yang akan diberikan pihak Garuda Indonesia terhadap pilot tersebut menjadi pertanyaan saya. Apakah skorsing dilarang terbang atau dipecat dikeluarkan dari perusahaan. Karena Garuda Indonesia terlihat hanya meminta maaf terhadap beacukai tapi terkesan mengabaikan masalah yang lebih serius yaitu ucapan kata-kata sang pilot yang justru sangat menghina komunitas Tionghoa Indonesia.

Menurur hemat kami Garuda wajib hukumnya untuk memecat dan memberhentikan pilot tersebut dengan tidak hormat karena telah menghina Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta undang-undang kewarganegaraan.

Pilot tersebut sangat tidak pantas menjadi representasi Garuda Indonesia yang membawa nama baik Indonesia. Sikap rasisme sudah saatnya ditolak tegas dari bumi Pancasila dan sama sekali tidak dapat ditolerir, sehingga kami sebagai Presidium Generasi Muda Khonghucu Indonesia (GEMAKU) akan mempertimbangkan mengambil langkah hukum dan menuntut pilot tersebut atas tindakan rasialisme dan penghinaan terhadap warga negara dan meminta pihak Garuda Indonesia untuk segera memecat dengan tidak hormat pilot tersebut karena telah mencederai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam beberapa hari kami akan menyiapkan laporan ke Mabes Polri dengan membawa bukti terkait penghinaan terhadap rasisme dan Bhinneka Tunggal Ika.

*Ketua Presidium Generasi Muda Khonghucu Indonesia (GEMAKU)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*