Kades Sukamulih Ungkap Strateginya Meraih Desa Terbaik di Jawa Barat

BOGOR (KM) – Terjun langsung dan memulai dengan pendekatan terhadap pemuda dan masyarakat, Kepala Desa Sukamulih Rukmana Somad (Jaro Somad), meyakini bahwa pihaknya mampu merubah karakter pemuda dan masyarakatnya yang “brutal” menjadi kondusif dan ramah, dengan membangun hubungan emosional.

Faktor Sumber Daya Manusia yang jadi kendala, dan tidak adanya wadah organisasi pemuda yang bisa menyalurkan potensi, menyebabkan semua permasalahan tertuju kepada Kepala Desa untuk menyelesaikannya.

“Sebagai pemimpin harus tahu filosofinya, pemimpin itu harus benar-benar melayani, jadi pelayan bagi masyarakatnya apalagi di Desa, setiap ada masalah masyarakat itu tahunya Kades yang harus menyelesaikan, jadi kita harus siap segalanya,” ujar Jaro Somad ketika ditemui di kediamannya, Selasa (14/11/17).

Lebih lanjut ia mengatakan, “yang terpenting selama menjabat kita kerja yang baik, tunjukkan prestasi kerja kita terhadap pelayanan terhadap masyarakat. Dengan sendirinya masyarakat akan memilih atau menilai,” tegasnya.

Menurutnya, para pejabat, Kades yang sekarang memimpin seharusnya bersyukur mempunyai masa kampanye yang cukup panjang memanfaatkan masa jabatannya. “Bodoh kalau tidak memanfaatkan masa jabatan, kemenangan itu nanti ketika pas kita selesai masa periode kita mejabat, bagaimana penilaian masyarakat atau tingkat kepuasan masyarakat. Gak perlu teriak-teriak mau nyalon lagi, gak usah itu, terpenting selama menjabat kita kerja, kerja dan kerja yang baik dengan sendirinya masyarakat akan memilih atau menilai. Ini mah bagusnya saat kampanye doang, saat ada maunya,” tegasnya.

Adapun Desa Sukamulih di nobatkan sebagai Desa terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat dalam kategori Desa Kadarkum. Dengan beberapa indikator, Pelayanan tertib administrasi (Pelayanan terhadap KTP, KK dan Akte), Lunas Pajak PBB, serta tidak ada catatan kriminal, narkoba. “Alhamdulillaah minggu kemarin kita kedatangan tamu dari Kejari, Kehakiman, Polres, BPN dan Dinas Pajak Kabupaten Bogor menyerahkan piagam dan uang pembinaan,” pungkasnya.

Reporter: DP
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*