ICER Jawa Barat Puji Prestasi Pemprov Jabar di Bidang Energi Terbarukan

BANDUNG (KM) – Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan “Anugerah Energi Lestari 2017” dalam kategori Pemerintah Daerah Aktif Mendorong Produksi Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), yang diberikan langsung Menteri ESDM Ignasius Jonan kepada Asisten bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Eddy Iskandar Muda Nasution, September lalu (15/9/2017) di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Prestasi tersebut mendapat apresiasi dari Indonesian Community Energy Research (ICER) Regional Jawa Barat.
Koordinator wilayah ICER Regional Jawa Barat, Hasyemi Faqihudin, mengatakan bahwa potensi yang dimiliki Jawa Barat dan produktivitasnya dalam sektor energi terbarukan “sudah sepantasnya” mendapatkan penghargaan Anugerah Lestari 2017.

“Dalam hal ini saya memberikan apresiasi hangat selaku korwil ICER Regional Jawa Barat kepada Pemprov Jabar yang telah menerima penghargaan Anugerah Energi Lestari 2017. Sebab dalam mendorong EBT yang sedang difokuskan ESDM ini, Jabar telah upaya semaksimal mungkin memanfaatkan potensi panas bumi yang cukup besar,” kata Hasyemi kepada KM, Rabu 1/11. 

Ia juga sangat bangga apabila langkah ini untuk kedepannya dapat dibangun sinergitas antara Komisi IV DPRD Jabar, Pemprov Jabar, seluruh masyarakat dan juga ICER yang konsen di bidang energi agar dapat menjalin kerjasama yang lebih baik lagi.

“Sungguh luar biasa kan pemanfaatan energi apabila ada kerja sama yang lebih baik lagi. Artinya ini membuktikan bahwa Anugerah Lestari Energi 2017 benar-benar dirasakan masyarkat. Dan untuk mewujudkanya Indonesian Community Energy Research (ICER) siap dilibatkan,” bebernnya.

Saat menerima penghargaan tersebut, Eddy Iskandar mengaku “sangat senang”  atas apresiasi yang diinisiasi Majalah Gatra itu, karena sesuai Gubernur Jabar yang telah menunjukkan “sikap visionernya” dan pemanfaatan energi.

“Gubernur kami sangat visioner dalam mendorong pengembangannya, dan sesuai kekayaan dan potensi di Jabar. Database Kementerian ESDM RI mencatat panas bumi Jawa Barat mencapai 6.101 MW yang tersebar di 44 titik di beberapa kabupaten/kota. Angka ini berarti mencapai 20,8% dari total potensi panas bumi Indonesia,” jelasnya.

Reporter: ATV
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*