Desa Bangunjaya Cigudeg Manfaatkan DD Tahap II untuk Bangun Jalan

Jalan Desa di Kampung Cijujung Desa Bangunjaya Kecamatan Cigudeg (dok.KM)

BOGOR (KM) – Dengan turunnya anggaran Dana Desa (DD) tahap kedua, yang merupakan sisa 40 persen atau sekitar Rp. 200 jutaan, pemerintah Desa Bangunjaya Kecamatan Cigudeg memanfaatkannya untuk membangun infrastruktur jalan desa di Kampung Cijujung, dengan panjang sekitar 635m dan lebar 2.30m.

Ketika KM mewawancarai salah seorang tokoh masyarakat setempat, Ustad Hendra, dirinya mengungkapkan bahwa masyarakat “sangat bersyukur” kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah Kabupaten Bogor yang telah menggelontorkan Dana Desa (DD) dari pusat dan dari APBD untuk pembangunan. “Baik itu sarana prasana kami selaku tokoh masyarakat sangat memberikan apresiasi, khususnya kepada kepala Desa,” tuturnya. 

“Alhamdulillah kami bersyukur dengan dibangunnya jalan ini, masyarakat lebih bisa menikmatinya, karena ada pengalaman sebelum jalan ini dibangun, sampai ada yang meninggal dalam keadaan hamil besar dan mau dibawa ke rumah sakit dia kehabisan darah lalu meninggal di perjalanan, dan bahkan anak-anak sekolah banyak yang kesiangan, perekonomian tidak begitu baik, tapi mudah-mudahan setelah jalan dibangun Insya Allah semuanya akan berjalan baik,” ujar Jaro Enjek, tokoh masyarakat lainnya kepada kupasmerdeka.com, Senin 6/11.

Namun Jaro Emjek juga menerangkan bahwa tidak ada dana pemeliharaan untuk jalan ini, dan meminta agar pihak PTPN IX turut membantu karena sering menggunakan jalan akses tersebut. 

“Saya berharap agar masyarakat bisa memelihara jalan karena dana untuk perawatan tidak ada, bahkan jalan ini sebenarnya yang sering digunakan oleh PTPN IX Cikasungka Cigudeg mengangkut hasil buah kelapa sawit yang akan dibawa ke pabrik, dan mestinya PTPN pun ikut membantu dalam pelaksanaan program infrastruktur karena setiap hari sering menggunakan jalan ini, dan saya berharap kepada semua masyarakat Kampung Cijujung agar bisa meningkatkan ekonomi agar taraf hidup yang baik lagi selanjutnya,” sambungnya. 

Reporter: HR
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*