Warga Bojong Koneng Tewas Tertimbun Longsor

Proses evakuasi korban longsor di Caringin, Bogor, Kamis pagi 5/10 (dok. KM) Proses evakuasi korban longsor di Caringin, Bogor, Kamis pagi 5/10 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Lagi-lagi musibah terjadi di wilayah Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Rumah warga Kampung Bojong Koneng RT06/02 Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor tertimpa tanah longsor, menewaskan warga setempat.

“Saat ini warga dan petugas sedang melakukan evakuasi di lokasi kejadian,” ujar Kapolsek Caringin AKP Fitria Juanda kepada KupasMerdeka.com, Kamis (5/10/2017).

Menurut keterangan warga, longsor terjadi Rabu (22/10/201) sekitar pukul 22.00 WIB. Malam itu juga, warga bergotong- royong menggali dan menyisir lokasi longsor hingga tengah malam. Pencarian korban diteruskan pagi hari dengan menggunakan alat seadanya berupa cangkul dan ember. Akhirnya korban ditemukan pukul 07.40 WIB Kamis pagi.

Lokasi kejadian dipadati ratusan warga yang menyaksikan proses evakuasi. Awalnya, beberapa warga menemukan penampakan kaki saat menggali timbunan tanah. Diketahui rumah tersebut milik Adul atau Edi. “Korban baru saja berhasil ditemukan, dan saat itu juga langsung dievakuasi,” terang Fitria.

Jarak dari jalan raya menuju lokasi sekitar satu kilometer, yang harus ditempuh dengan berjalan kaki. Hal itu melihat medan yang tidak dapat dilewati kendaraan.

“Dugaan sementara lokasi tanah yang licin akibat cuaca malam hari yang diguyur hujan, kendala evakuasi korban cukup lama akibat kaki korban terjepit oleh balok sehingga butuh waktu untuk membongkar balok,” tuturnya.

Ia menambahkan, lahan yang ditinggali korban memang tidak layak untuk dihuni. Hujan mengakibatkan gestur tanah menjadi retak dan rentan longsor. Evakuasi longsor sempat terkendala lantaran terganjal medan akses  jalan menuju lokasi. Beberapa perusahaan proyek pembangunan tol sudah bersedia meminjamkan alat berat.

“Masalahnya akses sulit dan tidak bisa masuk dengan alat berat,” terang tokoh masyarakat setempat, Saprudin Jepri.

Reporter: M Egy
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*