Sekjen PAN: Pidato Anies Ajak Semua Bangkit Bersama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membaca sumpah jabatannya di Istana Negara, Senin 16/10 (dok. Setpres/KM)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membaca sumpah jabatannya di Istana Negara, Senin 16/10 (dok. Setpres/KM)

JAKARTA (KM) – Menyusul kontroversi yang mencuat terkait penggunaan istilah “pribumi” dalam pidato pertama Gubernur DKI Anies Baswedan, Sekjen PAN Yandri Susanto turut angkat bicara. Dalam hal ini, Yandri membela penggunaan istilah tersebut oleh Anies.

“Terkait pidato Anies Baswedan Gubernur baru DKI tentang pribumi, saya kira bagus membuat semangat karena jangan hanya segelintir orang saja yang memegang perekonomian, tapi kita membangun bersama-sama, apakah itu Kalimantan, Sumatera, sementara yang kita tahu di Indonesia ini 100 juta orang kekayaannya dikuasai oleh 10 orang. Memang ada segelintir orang yang menguasai ekonomi, apakah itu lahan kemudian uang, kalau kita mau sadar yang terpinggirkan itu sebenarnya pribumi, ya mungkin, maaf, Betawi yang penduduk pribumi hampir terusir dari daerahnya, atau orang-orang yang punya kemauan tapi tidak diberi kesempatan, makanya Anies ingin membangkitkan semangat itu agar semua anak bangsa bisa berpacu untuk menjadi yang terbaik di Republik ini,” ucap Yandri, Selasa17/10, sebelum memasuki rapat paripurna di Gedung Nusantara 2 DPR RI.

“Sesungguhnya pak Anies itu mengajak kita semua untuk bangkit dari keterpurukan, dan semua harus mengisi kemerdekaan, jangan terlena, jangan santai,” tandas Yandri.

Ia juga menerangkan terkait rencana partainya mengusung Khofifah Indar Parawansa dalam bursa pilgub Jawa Timur.

“Sesungguhnya Khofifah untuk menjadi Gubernur di Jawa Timur kan sudah teruji … ini kan sudah yang ketiga kalinya maju untuk Cagub, insya Allah bisa memenangkan pertarungan Pilkada di Jawa Timur,” terangnya.

Terkait siapa pasangan untuk Khofifah, Yandri berujar bahwa PAN tidak menyerahkan seutuhnya pemilihan wakil, namun menyarankan. “Termasuk menawarkan kader kita,” ucap Yandri.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*