Polri Ingin Bentuk Densus Tipikor, Legislator: “Jangan Sampai Berkompetisi dengan KPK”

Anggota Komisi III DPR-RI Risa Mariska (dok. KM)
Anggota Komisi III DPR-RI Risa Mariska (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Pembentukan Densus Tipikor Polri masih dalam pengakajian dan ditargetkan selesai Desember 2017. Terkait dengan rencana tersebut, anggota Komisi III DPR-RI, Risa Mariska mengatakan bahwa pembentukannya harus hati-hati.

“Tapi juga saya ingin Densus Tipikor ini tidak untuk saling berkompetisi dengan KPK, domain-domain harus kita pisahkan, ini domain KPK dan ini domain Densus Tipikor, saya yakin pembentukannya pasti cukup hati-hati lah,” ujarnya saat diwawancara awak media.

“Nanti kita rapat di Komisi III, kita juga belum rapat lagi sama pak Tito. Harusnya hari ini karena mereka ada acara, makanya kita tunda dulu. Sebenarnya penanganan korupsi sudah ditangani oleh 2 lembaga tadi, kepolisian dan kejaksaan, dan sama-sama menangani korupsi. Nah tinggal bagaimana kita perkuat, apa sih kelemahan selama ini? Kalau kita lihat kinerja kedua lembaga itu semakin baik, kerugian negara yang dikembalikan cukup efektif,” lanjut anggota DPR dari fraksi PDIP ini.

Densus Tipikor ini rencananya akan dibentuk setara dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pembentukan tersebut sudah disetujui sebagai kesimpulan rapat antara Komisi III DPR dengan Kapolri Tito Karnavian pada 23 Mei 2017 lalu. Struktur anggota Densus tersebut akan diisi oleh “anggota terbaik” Polri yang memiliki komitmen tinggi terhadap pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Saya kira densus tipikor bagus. KPK itu harus tangani kasus diatas 1 M, ini yang harus dipahami KPK dan saya juga minta untuk tunduk dan patuh pada UU,” pungkasnya saat dimintai pendapat soal Densus Tipikor ini.

Reporter: Sudrajat, Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*